Bakti Anggota Polres Payakumbuh Dalam Membina Putra/Putri Payakumbuh di Cabang Olahraga Karate

TNS_ Dojo Polres Payakumbuh merupakan salah satu pembinaan karate ka bagi putra putri di Kota Payakumbuh yang beraliran Shotokan dalam Perguruan LEMKARI. Dojo LEMKARI Polres Paykumbuh berdiri berdiri sejak tanggal 17 Desember 2003, dengan adanya kegiatan latihan karate di lapangan apel Polres Payakumbuh masyarakat yang melewati didepan kantor tersebut melihat peserta didik (kohai) sedang latihan sehingga masyarakat mendukung dan memasukkan anak anak nya berlatih Karate di Dojo Lemkari Polres Payakumbuh.

Berjalan nya waktu para peserta didik (kohai) yang dilatih Aipda Ansarullah,SH yang merupakan anggota Polri di Polres Payakumbuh sejak tahun 2002 terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan mendapatkan dukungan penuh dari Kapolres. hal tersebut dibuktikan dengan diterimanya penghargaan demi penghargaan diberikan kepada Sensei Ansarullah.

Banyak manfaat yang dirasakan dari belajar beladiri karate di Dojo Polres Payakumbuh yang diantaranta Sebagai sarana beladiri lebih sehat dan bugar, menanamkan nilai disiplin dan pengontrol emosi serta ajang prestasi.

Dalam hal pendidikan para peserta didik (Kohai) di Dojo Polres Payakumbuh merasa terbantu karena mereka dapat masuk ke sekolah-sekolah favorit di kota Payakumbuh melalui piagam dan mendapatkan beasiswa prestasi, tidak tertutup kemungkinan melalui piagam prestasi karate tersebut memberikan kemudahan mereka untuk mencari lapangan pekerjaan. Hal ini disambut positif oleh Diknas Pendidikan Kota Payakumbuh karena siswa-siswi kota Payakumbuh berhasil juara di tingkat Provinsi, Nasional dan juga Internasional.

Untuk memberikan layanan dan meningkatkan prestasi maka SENSAI Ansarullah bersama istri serta keluarga Perlahan membangun Aula tempat latihan agar cuaca tidak menjadi hambatan untuk anak-anak latihan.

Dilahan tanah pribadi Aipda Ansarullah SH mendapatkan dukungan dari pemerintah Payakumbuh dan pemuka masyarakat LATINA LAMPOSI 3 Nagari, tempat pembinaan latihan ini diberi nama AKLC (AKADEMI KARATE LATINA CLUB) yang berdiri sejak 22 Januari 2019 serta dukungan penuh dari orang nomor satu di jajaran Polres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, “saya selaku Kapolres Payakumbuh mendukung sepenuhnya dari kegiatan positif dari seluruh personil, seperti halnya yang dilakukan oleh Aipda Ansarullah”, ujar Kapolres.

Terpisah, Aipda Ansarullah menuturkan,”Disini para atlit berlatih bahkan mereka diinapkan di dojo ini. Kegiatan mereka sangat positif, bangun dini hari pukul 04.00 wib untuk melakukan sholat tahajud, lanjut membaca Al-Quran dan melanjutkan dengan sholat subuh berjamaah”, ujar Ansarullah.

Ansarullah menambahkan, setelah sarapan kemudian lanjut latihan dan seterusnya kegiatan dilanjutkan dengan¬† kegiatan bersekolah masing-masing. Latihan dilanjutkan bagda sholat ashar dan selesai pukul 18.25 wib untuk melaksanakan shalat maghrib berjama’ah.

Dalam kesempatan itu, Ansarullah tidak hanhya mengajarkan para muridnya untuk latihan beladiri saja, namun usai melaksanakan sholat maghrib kemudian dilanjutkan dengan mengaji bersama yang dipandu oleh guru mengaji yang didatangkan oleh Dojo (Ansarullah), setelah kegiatan mengaji usai kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat isya berjemaah dan makan malam bersama.

Tidak itu saja, setiap akhir bulan kegiatan di Akademi Karate ini diadakan kegiatan keagamaan yaitu ceramah agama yang wajib dihadiri oleh orang tua, pengurus dan keluarga para atlit.

Kegiatan Positif ini sangat didukung banyak pihak sehingga banyak pujian datang ke Aipda Ansarullah, SH sebagai seorang pelatih untuk memberikan fasilitas kepada para atlit Karate.

“Saat ini pembangunan mess untuk anak kurang mampu dan para atit berprestasi sedang kami dengan hati terbuka juga menghimbau para donatur untuk ikut mengulurkan tangan untuk menyisihkan sebagaian rezekinya¬† demi kelancaran pembangunan ini”, kata Pelatih yang biasa dipanggil Arul ini.

Atas pengabdian yang tulus dan keberhasilan dalam melatih sehingga mengantarkan peserta didik prestasi ditingkat Sumatera, Nasional dan Internasional sehingga Aipda Ansarullah SH mendapatkan penghargaan yang diantaranya:
1. Pada saat gelar pasukan operasi lilin 2017 pada tanggal 22 Desember 2017 yang diserahkan oleh Muspida Kota Payakumbuh (wakil Walikota Payakumbuh)
2. Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Barat memberikan penghargaan kepada Ansarullah, SH dibidang sosial budaya atas peran aktif dalam melakukan pembinaan dan pengembangan talenta diluar tugas pokok yaitu dibidang olahraga khusus nya pada olahraga beladiri.

Semoga apa yang dilakukan oleh Aipda Ansarullah, SH ini mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda dari Allah.SWT.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *