Polres Tanah Datar Berikan Pengamanan pada Pacu Kuda Wirabraja Open Race

TNS – Pihak kepolisian Resor Tanah Datar melaksanakan pengamanan pada Pacu Kuda Wirabraja Open Race di Lapangan Pacu Kuda Dang Tuanku Bukik Gombak Tanah Datar.

Pembukaan Pacu Kuda bertema Wirabraja Open Race dan Tradisional 2019 berlangsung meriah. Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut, dibuka pada hari Minggu (6/10) oleh Bupati Tanah Datar Bapak Irdinansyah Tarmidzi.

Selama acara hadir juga Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo serta beberapa Pejabat dari Pemerintah Provinsi dan Daerah termasuk Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo SIK. M.Si yang juga meramaikan alek nagari.

Kerinduan masyarakat akhirnya terobati dengan Pacu Kuda yang di gelar di Lapangan Pacu Kuda Dang Tuanku Bukik Gombak Tanah Datar. Pelaksanaan Pacu Kuda ini digelar dalam rangka HUT TNI yang ke 74 pada 5 Oktober kemaren.

Ada 43 ekor kuda ikut dalam perayaan alek pacu kuda ini. Itu terdiri dari Pordasi Sumbar, Pordasi Sumut, pordasi Riau dan pordasi Jambi.

Race yang dilaksanakan selama 2 hari ini akan mempertandingkan sebanyak 19 race dimana akan dibagi 2 hari. Untuk hari pertama ada 9 race dan 10 race dihari kedua.

Alek Pacu Kuda merupakan salah satu alek terbesar dan paling sejarah di wilayah Kab. Tanah Datar. Hal ini dikarenakan pada tahun 2016 event ini sempat terhenti. Namun dengan Profesionalisme TNI, Event Pacu Kuda ini kembali dihelat. Ini juga merupakan perhelatan ke dua yang sama-sama dilaksanakan dalam rangka HUT TNI.

Selama pelaksanaan tim pengamanan yang terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait melaksanakan pengamanan dalam keadaan aman dan lancar tanpa adanya masalah. Diperkirakan ada 4000 penonton dari berbagai daerah ikut menyaksikan alek nagari tersebut.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *