ANGIN PUTING BELIUNG MENERJANG LOS WBC PASAR PADANG LUAR

TNS_ Telah terjadi bencana angin puting beliung yang menerjang Los Inpres WBC ( Wortel, Buncis, Cabe) di Pasar Nagari Padang Luar Kabupaten Agam Sumatera Barat pada hari Jumat (04/10/2019) pukul 13.35 WIB.

Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso, SIK melalui Kabagops Kompol Partahian Pane, S.Sos mengatakan berdasarkan pantauan dilapangan akibat dari bencana angin Puting beliung yang terjadi di Los WBC Pasar Inpres Padang Luar yang terjadi mengakibatkan porak porandakan atap los WBC tersebut dengan ukuran 40 x 50 Meter .

Walinagari Padang Luar Edison menjelaskan kejadian angin puting beliung tersebut terjadi ketika aktifitas pasar sedang ramai, dan angin datang dari arah timur dan langsung mengangkat atap los sayur dan menimpa sejumlah kendaraan yang terparkir yang akan melakukan muatan sayur .

Kabagops menambahkan, menurut pantauan dilapangan tadi akibat angin puting beliung mengakibatkan ada tiga warga yang mengalami luka dan sudah dilarikan ke Puskesmas Padang Luar, namun sudah dapat pulang kerumahnya masing-masing, kemudian kerugian diperkirakan lebih kurang Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah). Ketika peristiwa tersebut terjadi aktifitas pasar sempat terganggu karena atap menghambat kendaraan dipelataran bongkar muat truk di Pasar Padang Luar, serta atap juga menimpa kabel aliran listrik.

Sedangkan untuk membersihkan puing – puing atap yang berterbangan dilakukan pembersihan oleh pihak Polres Bukittinggi, Kodim 0304/agam, Damkar Kab.Agam, Bukit Rescue Team, Siaga Bencana Taluak IV Suku, Siaga Bencana Sungai Tanang, BPBD Kab agam, PMI Bukittinggi dan sejumlah masyarakat bergotong-royong untuk membersihkan material atap di lokasi agar aktivitas pasar kembali normal, demikian Kompol Partahian Pane,S.Sos mengakhirinya.

(MasY/Humasresbkt).

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *