Wakapolda Buka Bimtek Fungsi Pengawasan Itwasda Polda Sumbar

TNS – Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) fungsi Pengawasan Itwasda Polda Sumbar T.A 2019, Senin (30/9) di Mapolda Sumbar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Kasihan Rahmadi, MH, pejabat utama Polda Sumbar, Wakapolres sejajaran dan pengemban fungsi pengawasan sejajaran Polres.

Saat membacakan amanat Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal, M.Hum, Wakapolda mengatakan bahwa Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel Polda Sumbar, atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan dalam pelaksanaan tugasnya.

“Kegiatan bimtek fungsi pengawasan Itwasda Polda Sumbar dapat digunakan sebagai sarana untuk menjabarkan kebijakan pimpinan dan menyatukan pola pikir dan pola tindak yang selaras dengan agenda pemerintah, yaitu Nawacita dan Quick Wins”, ucap Wakapolda.

Dikatakan Wakapolda, manajemen resiko dalam Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2008, merupakan unsur kedua dari Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) setelah unsur kegiatan pengendalian, yang dikenal dengan unsur penilaian resiko.

Hal tersebut mengamanahkan bahwa resiko yang mungkin terjadi dalam manajemen perlu dikelola, karena merupakan salah satu penghambat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

“Oleh karena itu, Itwasda sebagai pengemban fungsi pengawasan di Polda Sumbar, wajib menyelenggarakan bimtek fungsi pengawasan manajemen resiko bagi pejabat dilingkungan Polri. Khususnya pengemban fungsi SPIP”, jelas Wakapolda.

Untuk itu, Kapolda berharap agar hasil penyelenggaraan bimtek SPIP dan manajemen resiko, para peserta dalam melaksanakan tugasnya mampu :
1. Menilai resiko yang berpeluang mengganggu pencapaian tujuan Satker.
2. Menilai resiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan Satker.
3. Mengelola dan memantau resiko Satker.
4. Menyusun daftar resiko.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *