Polda Sumbar Gelar Sosialisasi Penyuluhan Bidkum Polda Sumbar

TNS – Polda Sumbar menggelar sosialisasi penyuluhan bidang hukum (Bidkum) Polda Sumbar dan jajaran.

Sosialisasi ini dibuka oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM, dengan dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, dan pengemban fungsi hukum sejajaran Polda Sumbar, Senin (30/9).

Dalam membuka sosialisasi tersebut, Wakapolda membacakan amanat Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal, M.Hum, dimana sejalan dengan program kerja Polri, dimana salah satunya adalah program pengembangan Hukum Kepolisian.

“Para pengemban fungsi hukum agar mendukung program tersebut, sesuai tugas pokok dan fungsi yang diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 22 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Cara Kerja Kesatuan kepolisian ditingkat Polda”, ujar Wakapolda membacakan amanat Kapolda Sumbar.

Dalam sosialisasi ini, ada beberapa materi yang akan dibahas, antara lain :
1. Perpol Nomor 3 Tahun 2018 tentang Hubungan Tata Cara Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.
2. Perkap Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembentukan Peraturan Kepolisian.
3. Perkap Nomor 12 Tahun 2014 tentang Panduan Penyusunan Kerjasama Kepolisian Negara Republik Indonesia.
4. Peraturan Kapolda Sumbar Nomor 1 Tahun 2019 tentang Hubungan Tata Cara Kerja Polda Sumbar.

Diketahui bersama, bahwa banyaknya peraturan perundang-undangan yang disahkan, khususnya Perpol dan Perkap yang mengatur internal dan eksternal, serta dengan perkembangan situasi dan kondisi yang bergerak begitu cepat belum mampu peraturan yang sudah ada untuk menjawabnya.

“Untuk itu perlunya dilakukan perbaikan, perubahan atau penyempurnaan terhadap regulasi tersebut. Sehingga mampu mengikuti perkembangan situasi saat ini”, terangnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan seluruh peserta dapat menyerap semua informasi yang disampaikan oleh pemateri/narasumber, sekaligus tempat berdiskusi jika ada persoalan-persoalan yang ada di satker masing-masing.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *