Hoyak Tabuik Pariaman, Kapolda Sumbar : Saya Terkesima Melihatnya

TNS – Hoyak Tabuik merupakan salah satu tradisi tahunan di dalam masyarakat Pariaman. Festival ini diketahui telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu.

Puncak acara “Pesona Hoyak Tabuik tahun 2019” berakhir dengan pembuangan Tabuik ke laut pada kemarin sore, Minggu (15/9/) di Kota Pariaman.

Pada puncak acara tersebut, selain ribuan pengunjung yang datang, juga terlihat hadir Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum beserta istri dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta istri.

Kapolda mengatakan, baru pertama kali melihat acara Hoyak Tabuik, ia terkesima karena ramainya pengunjung yang berdatangan untuk menyaksikan acara tersebut.

“Ini baru pertama kali saya melihat acara Tabuik ini, ternyata ramai sekali masyarakat yang datang melihatnya. Saya terkesima melihatnya, diluar dugaan saya”, katanya.

Kapolda juga menuturkan, budaya hoyak tabuik yang sangat tinggi antusias masyarakat melihatnya, maka hal tersebut perlu dilestarikan.

“Budaya ini perlu kita lestarikan terus, agar semakin banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Sehingga bisa menunjang pariwisata kedepannya”, pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *