Jadi Narsum Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Kapolda Sumbar : Babinkamtibmas adalah Mitra Kerja dan Pendamping Kepala Desa / Wali Nagari

TNS – Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal, M.Hum berkesempatan menjadi narasumber pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Selasa (4/9).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi pelaksanaan kegiatan Dekonsentrasi Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) tahun 2019, dan memperkuat sinergitas kolaborasi lintas sektoral dalam pengelolaan dan pengawasan dana desa dengan tema “Optimalisasi Pengawasan Untuk Mewujudkan Kualitas Penggunaan Dana Desa”.

Dalam memberikan materi tentang Pengawasan dan Pencegahan Penyalahgunaan dana desa, Kapolda Sumbar menyampaikan bahwa dana desa adalah dana yang berasal dari APBN yang ditransfer ke APBD yang digunakan untuk pembangunan desa.

“Walinagari atau Kepala Desa dituntut untuk cerdas dan cermat dalam penggunaan dana Desa”, kata Irjen Pol Fakhrizal.

Dikatakan Kapolda, Presiden memerintahkan agar tidak ragu-ragu dalam penggunaan dana desa, sedangkan peran Polri dalam pengelolaan dana desa adalah sebagai pendamping dan pengawasnya.

“Tujuan kerjasama Kepolisian dengan Kemendagri dan Kemendes dalam pengawasan dana desa adalah sebagai pedoman bagi para pihak dan penanganan masalah desa dan guna terwujudnya pengelolaan dana desa yang efektif dan efisien, akuntabel melalui kerjasama yang sinergis diantara para pihak”, tuturnya.

Lanjut Kapolda, apabila terjadi penyimpangan terhadap penyalahgunaan pengelolaan dana desa, sebagai upaya terakhir yaitu adalah proses hukum yang mana akan ditangani oleh Penyidik Polri.

“Maka peran Bhabinkamtibmas selaku pendamping dan pengawas dapat berjalan efektif, guna mencegah terjadinya penyalahgunaan dan penyimpangan pengelolaan dana desa”, tegasnya.

Dalam kesempatan ini Kapolda Sumbar berharap agar Kepala Desa/Wali Nagari tidak merasa risih atau direcoki oleh peran Babinkamtibmas.

“Bhabinkamtibmas adalah mitra kerja, dan pendamping Kepala Desa dan Wali Nagari”, pungkasnya.

Dalam Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Sumatera Barat Drs. Syafrizal, MM, Dirpamobvit Polda Sumbar Kombes Pol Agus Krisdiyanto, S.H., M.B.A, Dirintelkam Polda Sumbar Kombes Pol Heri Prihanto, S.Ik, Dirsabhara Polda Sumbar Kombes Pol Tavianto Eko Atmojo, Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol Nasrun Fahmi, SH, MSi.

Kemudian juga hadir Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Barat, para Kapolres sejajaran Polda Sumbar, Kepala Dinas/Bagian/Kantor/ Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab/Kota lokasi penerima Dana Desa, Inspektorat Daerah Kab/Kota Penerima Dana Desa, Kasat Reskrim, Walinagari/Kepala Desa Kab/Kota lokasi dana desa dan Tenaga Ahli/pendamping desa terpilih pendamping lokal desa terpilih.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *