Polres Sijunjung sosialisasi P4GN di SMAN 10 Sijunjung

TNS – Sebanyak 205 peserta didik baru di SMAN 10 Sijunjung mengikuti paparan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diprakarsai oleh pihak sekolah bekerja sama dengan Satuan Narkoba Polres Sijunjung, Jumat (19/7) di Musala SMAN 10 Sijunjung. Kegiatan Penyuluhan dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Sijunjung AKP Syamsurijal beserta anggotanya.

Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD).

Kepala Sekolah SMAN 10 Sijunjung Arniwita S.Pd M.Si mengatakan  MPLS adalah sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran baru guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. “ Selama pengenalan masuk sekolah, kami berikan bekal pembinaan selain dari intern sekolah, juga dari instansi lain, salah satunya dari Kepolisian,” ungkapnya.

Menurutnya, penyuluhan narkoba tersebut juga dilakukan mengingat saat ini marak peredaran narkoba dikalangan remaja diberbagai daerah termasuk dikalangan para pelajar.

” Dengan adanya penyuluhan mengenai P4GN tersebut, kita berharap dari pihak sekolah bisa memberikan wawasan kepada peserta didik kami sebagai salah satu sarana untuk membentuk mental dan kepribadian yang baik agar terhindar dari pergaulan yang salah, apalagi sampai menggunakan narkoba,” ucapnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba AKP Syamsurijal menuturkan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan pengertian mengenai bahaya mengkonsumsi dan mengedarkan narkoba.

“Adapun tujuan kami adalah memberikan wawasan serta penyuluhan terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran Narkoba bagi generasi muda khususnya bagi siswa-siswi baru kelas 10 SMA N 10 Sijunjung serta memberikan Pengertian tentang Narkoba jenis psikotropika dan bahan adiktif lainya, juga pengenalan jenis2 narkoba dan dampaknya bagi kesehatan tubuh. Penerapan pasal-pasal tentang tindak pidana narkoba, juga di paparkan agar para siswa mengetahui sasnksi pidana jika terjerumus dalam narkoba,” terangnya.

Mantan Kapolsek Sijunjung tersebut juga menambahkan, tak hanya itu dampak penyalahgunaan Narkoba, upaya rehabilitasi medis dan sosial bagi pecandu narkoba di Kabupaten Sijunjung serta tips menghindarkan diri dari Narkoba di paparkan secara lengkap.

“Penyuluhan P4GN ini adalah salah satu dari program promoter Kapolri bahwa Polri adalah penggerak revolusi mental di ruang publik dan dengan pendekatan sejak dini diharapkan dapat membentuk mental dan kepribadian yang baik dari para generasi muda terkhusus para pelajar.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *