Upacara wisuda purnabakti Polri, Kapolda Sumbar : “Tidak perlu sungkan dalam memberikan masukan ataupun informasi demi kemajuan Polri”

TNS – Sebanyak 24 orang personil Polda Sumbar melaksanakan wisudawan/ wisudawati purnabakti Polri, Rabu (17/7) di Mapolda Sumbar.

24 personil tersebut, terdiri dari 13 orang berpangkat Pamen, 4 orang berpangkat Pama, 4 orang berpangkat Bintara dan 3 orang PNS Polri.

Pelepasan para purnabakti ini dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. H. Fakhrizal, M.Hum, dengan dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polda Sumbar, Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar Ny. Ade Fakhrizal beserta pengurus Bhayangkari Sumbar.

“Saya selaku Kapolda Sumbar, mengucapkan terimakasih dan penghargaan, atas seluruh pengorbanan dan jiwa juang Bapak/Ibu wisudawan yang telah menyumbangkan dharma baktinya kepada nusa, bangsa, dan negara dengan penuh kesetiaan melalui tugas dan karyanya pada Kepolisian Negara Republik Indonesia secara paripurna”, ucap Irjen Pol Fakhrizal, M.Hum saat memberikan sambutannya.

Sebagaimana diketahui, acara wisuda purnabakti yang berlangsung saat ini, diselenggarakan khusus bagi anggota Polri dan PNS Polri Polda Sumbar yang telah mengakhiri masa dinasnya di Polda Sumbar periode Januari sampai dengan Juli 2019.

Wisuda purna bakti, pada hakekatnya merupakan kegiatan yang diselenggarakan bagi para anggota Polri dan PNS Polri yang telah menyelesaikan masa dinasnya di lingkungan Polri, sebagai bentuk penghargaan dan ungkapan terimakasih atas jasa-jasanya dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian demi bangsa dan negara.

“Acara wisuda purnabakti ini juga hendaknya dapat dijadikan sebagai pengikat tali persaudaraan serta ikatan batin antara para purnawirawan beserta keluarga dengan anggota yang masih aktif sebagai generasi penerus”, terang Kapolda.

Dikatakan Irjen Pol Fakhrizal, keberhasilan tugas kepolisian serta reformasi di tubuh Polri tidak terlepas dari peran serta masyarakat termasuk didalamnya dari sumbangsih dan darma bakti para purnawirawan Polri sejak berdinas aktif di kepolisian hingga sekarang ini. Hal ini terbukti dengan semboyan persatuan purnawirawan Polri yang menyatakan bahwa “Sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara” dan senantiasa tetap patuh dan setia kepada Tri Brata dan Catur Prasetya.

“Agar diperoleh hasil yang optimal dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,
maka perlu adanya pengawasan bagi personel Polri di lapangan, oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk peran para anggota yang telah memasuki masa purna yang tersebar di lingkungan masyarakat”, katanya.

Kapolda Sumbar juga mengharapkan para purnawirawan nantinya dapat berperan sebagai alat kontrol bilamana terjadi penyimpangan atau penyelewengan dalam pelaksanaan tugas kepolisian.

“Tidak perlu sungkan dalam memberikan masukan ataupun informasi demi kemajuan Polri”, tambah Irjen Pol Fakhrizal.

Diakhir sambutannya, Kapolda menaruh harapan besar kepada para purnawirawan untuk selalu berada dalam ikatan keluarga besar Polri dengan bergabung bersama PP Polri yang berada di domisili masing-masing.

“Kiranya para purawirawan tetap mengemban jiwa pengabdian “Tanpa Tiada Akhir” sebagai Bhayangkara Negara serta tetap menjunjung tinggi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945”, pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *