Polda Sumbar lepas Satgaspam Amole 2019

TNS – Pada tahun 2019 ini, Polda Sumbar melalui Satbrimob mengirimkan satu kompi pasukan atau seratus personil, untuk melaksanakan tugas BKO dalam operasi Satgaspam Amole.

Satgaspam Amole, merupakan bentuk operasi pengamanan pada PT. Freeport Indonesia di Provinsi Papua.

Anggota yang ikut Satgaspam Amole ini, sebelumnya melaksanakan upacara pemberangkatan (pelepasan) oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. H. Fakhrizal, M.Hum, yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Kasihan Rahmadi, MH.

Irwasda Polda Sumbar saat membacakan amanat Kapolda Sumbar mengatakan, kepada seluruh personil satgas pam PT Freeport Indonesia tahun 2019 yang akan berangkat melaksanakan tugas, hendaknya mampu menjaga nama baik Polri di mata masyarakat Papua khususunya di sekitar kawasan tambang.

“Hendaknya dapat bahu membahu menciptakan iklim kamtibmas yang
kondusif, terlebih perkembangan terbaru telah adanya kesepakatan antara PT Freeport Indonesia dengan pihak pemerintah berkaitan tindak lanjut pengelolaan PT. Freeport Indonesia”, katanya.

Lanjut Kombes Pol Rahmadi, sehingga kegiatan operasional PT Freeport Indonesia sebagai penghasil devisa negara dapat berjalan, serta mampu meningkatkan produktivitas, tentu dengan harapan tetap menjaga kaidah serta keseimbangan lingkungan dengan pola-pola yang tepat memperhatikan kepentingan masyarakat asli yang terdiri dari berbagai suku dan adat istiadat, dimana sampai saat ini masih banyak yang tergolong belum menikmati hasil yang dimiliki wilayah tersebut dengan baik disamping adanya transparansi manajemen yang berbasis untuk kepentingan bersama.

Kepada Kompi penugasan, Kapolda berharap dengan kehadirannya yang tergabung dalam Satgaspam Amole di areal PT. Freeport tahun 2019 di wilayah hukum Polda Papua, nantinya betul-betul dapat membawa manfaatnya terhadap masyarakat dan juga kelangsungan iklim produktifitas PT. Freeport Indonesia sendiri, yang lebih utama adalahsenantiasa meningkatkan kewaspadaan dimanapun berada serta mampu bertindak bijaksana dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi di wilayah penugasan.

Kapolda juga menegaskan kepada personil yang melaksanakan BKO, pertama agar meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya kepadanyalah tempat meminta perlindungan dan pertolongan atas semua permasalahan yang terjadi selama penugasan berlangsung.

Kedua, segera dan secepatnya menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas dimana saudara bertugas, mengingat keberadaan saudara menjadi harapan semua pihak untuk menciptakan suatu dinamisasi dalam masyarakat.

Ketiga, senantiasa bertindak responsif dan memiliki militansi tinggi mengingat tingkat ancaman utama di daerah penugasan cukup tinggi karena
beberapa aspek kondisi geografis berupa bentangan alam, iklim dan suhu udara, virus penyakit, mengingat daerah tersebut menjadi endemik penyakit malaria, dan HIV Aids serta masih adanya gangguan adanya teror terhadap karyawan maupun petugas pengamanan PT. Freeport Indonesia.

Keempat, jaga nama baik Polri terlebih Polda Sumbar umumnya dan Satbrimob Polda Sumbar pada khususnya di mata masyarakat Papua khususnya di wilayah Kabupaten Timika dari kelompok sipil bersenjata yang masih melakukan berbagai aksi.

Upacara ini juga dihadiri oleh Karoops Polda Sumbar Kombes Pol Firly Ruspang Samosir, M.Si dan Dansat Brimob Kombes Pol Djoko Purnomo, S.Ik.

Dansat Brimob Kombes Pol Djoko Purnomo menambahkan, personil yang terlibat BKO dalam rangka Operasi Satgaspam Amole dipimpin oleh AKP Martin, MH.

“Mereka akan melaksanakan tugas pengamanan di PT Freeport Indonesia. Semoga dapat melaksanakan kegiatan dengan baik”, ujarnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *