Raih Juara II Lomba Pelayanan Publik tingkat Polda Sumbar, Kapolres Solok Kota : Kami Akan Terus Tingkatkan

 

TNS – Perlombaan Pelayanan Publik tingkat Polda Sumbar untuk dijajaran Polres telah dilakukan, pengumuman juara diumumkan usai peringatan upacara Hari Bhayangkara, Rabu (10/7).

Lomba pelayanan publik yang dikhususkan adalah pada bidang pelayanan SIM dan SKCK. Dari penilaian tim dari Polda Sumbar, Polresta Padang mendapat Juara I, Polres Solok Kota sebagai juara II dan Polres Tanah Datar sebagai Juara III.

Penghargaan diserahkan oleh Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Kasihan Rahmadi, MH yang disaksikan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. H. Fakhrizal, M.Hum, dan pejabat utama Polda Sumbar.

Penghargaan diterima oleh Kasat Lantas Polres Solok Kota Iptu Sugeng Riadi S.H. dan Kasat Intelkam Iptu Luhur Fachri Utomo, S.Ik dengan didampingi operator pelayanan publik SIM dan SKCK.

Usai menerima penghargaan tersebut, Kasat Lantas, Kasat Intelkam dan operator pelayanan justru merasa lebih bangga lagi ketika mendapatkan ucapan terima kasih, nasehat dan motivasi dari Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal beserta istrinya di ruangan kerja Kapolda.

“Sudah banyak fasilitas yang negara berikan baik anggaran maupun sarana dan prasana, jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Sampaikan salam dan terima kasih kepada seluruh personil Polres Solok Kota, semoga penghargaan menjadi motivasi, pertahankan, layani masyarakat dengan tulus dan ikhlas“, pesan Irjen Pol Fakhrizal.

Sementara itu, setelah mengetahui Polres Solok Kota mendapatkan juara II dalam lomba Pelayanan Publik, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.Ik menyampaikan rasa terima kasihnya kepada personil Satlantas dan Satintelkam yang telah memberikan pelayanan yang terbaiknya kepada masyarakat.

“Terimakasih kepada rekan-rekan yang telah bersama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, katanya.

Kapolres bersyukur hasil penilaian tersebut membuahkan hasil yang baik. Meski demikian, Kasat Intel dan Kasat Lantas meminta maaf kepada Kapolres karena mendapatkan juara II. Kapolres mengatakan bahwa penilaian dari Polda Sumbar lomba ini idealnya selaras dengan predikat yang sudah disandang Polres Solok Kota sebagai Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Unit Kerja dengan kategori pelayanan “sangat baik” yang telah ditetapkan Kemenpan RB RI akhir tahun lalu.

“Kita harus bersyukur, ini menunjukkan bahwa sampai saat ini kita masih diberikan kekuatan dan tekad untuk mempertahankan predikat itu dan kualitas pelayanan publik kita. Masalah peringkat berapa, itukan haknya tim penilai”, ujarnya.

AKBP Dony menambahkan, pihaknya akan terus meningkatkan serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Solok Kota.

“Kami akan terus meningkatkannya, sehingga masyarakat puas dan senang dengan pelayanan yang kami berikan”, imbuhnya.

Kapolres juga menerangkan, bahwa sebelumnya, penilaian lomba dilaksanakan di Polres Solok Kota pada hari Rabu, 26 Juni 2019 dengan tim penilai AKP Gusniarti Parik 1 Itbid II Itwasda dan AKP Amrizal Panit I Subdit III Dit Intelkam. Didampingi oleh Kapolres, Tim melakukan melihat secara langsung kondisi pelayanan publik SIM dan SKCK meliputi standar pelayanan, inovasi dan proses pelayanan.

Kapolres mengungkapan rasa bangganya dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Lantas dan Intelkam yang selama telah gigih mempertahankan kualitas pelayanan publik dan membawa harum nama Polres Solok Kota di jajaran Polda Sumbar.

“Semoga capaian ini tidak membuat kita lupa diri, tapi justru menjadi motivasi dan pengingat agar kita tidak lalai dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik kita. Ingat, penilaian di bidang pelayanan publik harus tetap berorientasi pada customer. Masyarakat yang mempunyai peran besar dalam menilai kualitas pelayanan publik. Dengan capaian ini, kita idealnya sudah tidak lagi menghadirkan pelayanan yang standar-standar aja, harus lebih ditingkatkan lagi”, pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *