Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 73, Kapolres Solok Kota bacakan amanat Presiden RI

TNS – Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, kali ini Polres Solok Kota menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara yang ke-73 di Lapangan Merdeka Kota Solok, Rabu (10/7).

Upacara tersebut sebagai bentuk puncak rangkaian peringatan hari ulang tahun Bhayangkara yang jatuh setiap tanggal 1 Juli.

Pada peringatan hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019 kali ini, Polri mengusung tema “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

Pada upacara yang yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia tersebut, untuk di Polres Solok Kota bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.Ik.,M.H, Perwira upacara AKP Isburman S.H., Komandan upacara Kasat Reskrim Iptu Deprianto S.H., dan dihadiri oleh Forkopimda Kota Solok, Kepala Instansi Pemerintahan, Pimpinan BUMN, Bhayangkari, Purnawirawan Polri, Warakawuri, Ketua LKAAM, KAN serta Bundo Kandung Kota Solok.

Saat berlangsungnya upacara, terlihat Lapangan Merdeka Kota Solok dipenuhi oleh peserta upacara yang terdiri dari Pleton Perwira Polres, Dalmas, Kodim 0309 Solok, Lantas, Bhabinkamtibmas, Gabungan Sat Intel, Reskrim dan Narkoba, ASN Kota Solok, Dishub, Lapas, Satpol PP dan Damkar, BNPB, Satpam, Linmas, mahasiswa dan pelajar.

Selaku irup, Kapolres Solok Kota membacakan Amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada upacara peringatan ke-73 hari Bhayangkara Tahun 2019.

Dalam amanat ini, Presiden RI mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polri, terima kasih dan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan personel Polri dalam memelihara kamtibmas, penegakan hukum dan pelayanaan kepada masyarakat serta mengajak untuk mendoakan personel Polri yang gugur dalam menjalankan tugas.

Presiden juga mengapresiasi pengabdian Polri dalam menjaga keamanan dalam negeri, even internasional dan agenda kemasyarakatan, pengungkapan kasus, peningkatan akuntabilitas dan transparansi dan tidak lupa Presiden mengapresiasi keberhasilan Polri dalam pembangunan zona integritas di 69 Satker Polri.

Presiden juga berpesan, agar Polri terus meningkatkan kinerja dalam menghadapi tantangan terorisme, radikalisme, pesatnya perkembangan teknologi informasi, penyebaran berita bohon dan ujaran kebencian, kejahatan lintas negara, kejahatan terhadap kekayaan negara serta kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat.

Di akhir amanatnya, Presiden Joko Widodo berpesan agar Polri terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mengedepankan strategi pemolisian proaktif, meningkatkan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum dan sinergitas dengan stakeholder.

Setelah membacakan amanat Presiden RI, Kapolres memberikan penghargaan kepada 22 orang personil Polres Solok Kota yang ditetapkan sebagai polisi teladan atau agen perubahan (role model).

“Agen perubahan ini ditetapkan berdasarkan Permenpan RB RI Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Agen Perubahan Di Instansi Pemerintah”, kata AKBP Dony.

22 orang personel tersebut sebagai agen perubahan, akan mengemban tugas sebagai unsur penggerak utama perubahan yang akan menjadi teladan bagi personel lainnya, mampu memberikan pengaruh positif bagi lingkungan organisasi, inovatif dan proaktif dalam pelaksanaan tugas fungsi dan upaya peningkatan kualitas reformasi birokrasi.

Ke 22 orang personel Polres Solok Kota yang mendapat penghargaan sebagai agen perubahan tersebut adalah :

1. IPTU Juprinaldi S.H., (KBO Sat Intelkam).
2. IPDA Ronal Hidayat S.H., (Kanit Idik 1 Sat Reskrim).
3. IPDA Junia Rakhma S.TR.K, (Kanit Dikyasa Sat Lantas).
4. BRIPDA Nofri Andeska, (Bamin Bag Ops).
5. BRIGADIR Nopendri S.H., (Bamin Bag Sumda).
6. AIPTU Erinal (Paur Subag Prograr Bag Ren).
7. BRIGADIR Medina Sindi S.H., (Bamin Si Keu).
8. AIPTU Guslim Hasmi (Sie Propam).
9. BRIPDA Fajar Calvin. (Bamin III SPKT).
10. BRIPKA Budi Setia Utama S.H., (Kanit I Sat Intelkam).
11. BRIPKA Ali Murdani (Kaur Mintu Sat Reskrim).
12. BRIPKA J. Saragih S.H., (Kanit Idik 1 Sat Resnarkoba).
13. BRIPKA Oktarizal, (Kanit Bintibmas Sat Binmas).
14. AIPTU Hadi Mulyono S.H., (Kanit Turjawali Sat Sabhara).
15. BRIGADIR F.R Zalukhu (anggota Sat Lantas).
16. BRIGADIR Andi Putra (Bhabin Polsek Kota Solok).
17. BRIGADIR Fajri Hidayat (Bhabin Polsek X Koto Di Atas)
18. BRIPKA Riko Haryanto, S.H., (Bhabin Polsek X Koto Di Bawah),
19. BRIPKA Aprianto S.H, (Kanit Reskrim Polsek Bukit Sundi).
20. BRIGADIR Asep Rukiyat (Bhabin Polsek IX Koto Sungai Lasi).
21. AIPTU Jon Sidra S.H, (Kasium Polsek Junjung Sirih).
22. BRIPDA Silvia Dewi (Operator Comand Center).

Usai upacara, peserta upacara dihibur oleh penampilan Drum Band siswa siswi SMAN 1 Kota Solok yang menambah semarak rangkai upacara HUT Bhayangkara Ke-73 ini. Selanjutnya Kapolres didampingi Forkopimda memberikan penghargaan pemenang lomba Bhabinkamtibmas Terbaik yaitu Brigadir Asep Rukiat (Bhabinkamtibmas Indudur) dan Brigadir Bayu Pratama S.H., (Bhabinkamtibmas Simpang Rumbio).

Masih dalam peringatan Hari Bhayangkara, Polres Solok Kota juga mengadakan perlombaan Bhabinkamtibmas terbaik dan Lomba Pos Kamling.

Pemenang lomba untuk Bhabinkamtibmas Terbaik menerima Penghargaan yang diserahkan oleh Walikota Solok Zul Elfian Dan Wakil Ketua DPRD Kota Solok.

Sedangkan pemenang lomba Pos Kamling terbaik adalah Pos Kamling Kelurahan Tanah Garam dengan Bhabinkamtibmas Bripka Edwardo S.H., dan Pos Kamling Kapuah Nagari Sumani dengan Bhabinkamtibmas Aiptu Iyam Sadeli. Penyerahan penghargaan lomba Pos Kamling terbaik oleh Wakil Walikota Solok Reinier.

Dan penghargaan pemenang lomba Polsek Sebagai Basis Deteksi jajaran Polres Solok Kota diterima oleh Polsek Bukit Sundi dengan Kanit Intel Aiptu Muklis dan Polsek X Koto Di Bawah dengan Kanit Intel.

Kapolres AKBP Dony Setiawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, yang selama ini telah banyak mendukung tugas-tugas Polri dalam memelihara kamtibmas dan dukungan masyarakat kepada Polri dalam rangkaian kegiatan peringatan hari Bhayangkara ke-73.

“Dukungan masyarakat adalah motivasi bagi kami, banyak hal yang harus kami benahi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan hidayahNYA kepada kami dalam melanjutkan pengabdian kami kepada masyarakat”, pungkas AKBP Dony.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *