Lahir pada perayaan Hari Bhayangkara, Seorang Warga dapat SIM Gratis dari Polres Padang Pariaman

TNS – Pada peringatan Hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 ini, Polres Padang Pariaman memberikan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis.

SIM tersebut, diberikan kepada seorang masyarakat pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2019, karena kebetulan bertepatan dengan pelaksanaan upacara peringatan Hari Bhayangkara.

Ialah Syafrizal, warga Koto Mambang Sungai Durian, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman yang beruntung. Pasalnya, Syafrizal yang hendak mengurus perpanjangan SIM C ini, diketahui lahir pada tanggal 10 Juli.

“Kata bapak polisi, saya mendapatkan perpanjangan SIM gratis, karena ulang tahun saya, serentak dengan pelaksanaan acara HUT Bhayangkara. Saya bersyukur sekali”, kata Syafrizal usai menerima SIM dari Kasat Lantas Polres Padang Pariaman.

Sementara, Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho, SE melalui Kasat Lantas Iptu Yuliadi, SH menyebutkan, pemberian SIM gratis ini dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 73, namun dengan dua persyaratan.

“Hanya untuk perpanjang SIM saja, tidak berlaku untuk pembuatan SIM baru. Syaratnya berlaku bagi masyarakat yang ulang tahunnya dan masa berakhir SIM nya tepat pada 10 Juli 2019
ini”, jelas Iptu Yuliadi.

Walaupun digratiskan, Kasat Lantas menambahkan bahwa penerima SIM tersebut tetap harus menjalani prosedur perpanjangan SIM yang telah ditetapkan oleh Polri. Ada ujian dan pengisian berkas yang dilakukan penerima SIM gratis.

“Mereka juga tetap mengikuti prosedur perpanjangan SIM, bedanya hanya saja tidak membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) nya”, tutup Iptu Yuliadi.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *