Meriahkan HUT Bhayangkara ke 73, Polres Sawahlunto Gelar Antraksi Kesenian Tradisional

TNS, Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 73, Minggu kemarin (23/6), bertempat di lapangan segitiga Kota Sawahlunto, Jajaran Polres Sawahlunto menggelar atraksi kesenian tradisional Reog Ponorogo dan kesenian Asli Kota Sawahlunto Kuda Kepang yang ditampilkan oleh sanggar subur Budaya.

Dalam kesenian Reog Ponorogo, dituntut kesiapan fisik dan mental, karena reog itu sendiri memiliki berat lebih kurang 50 kilogram, jadi diperlukan ilmu kanuragan untuk bisa mengangkat dan memainkan sebut Marjadi pimpinan sanggar.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan atraksi Kuda Kepang yang mana kesenian jawa ini mengundang arwa para leluhur dengan diiringi lagu gamelan dan gendang, yang mana kegiatan dimulai dengan tarian para penari kuda kepang dengan dandanan seperti punggawa kerajaan.

Ramainya masyarakat kurang lebih 400 orang menyaksikan kegiatan kesenian tradisional jawa ini membuktikan keberagaman suku dan agama yang ada dikota sawahlunto serta kerukunan antar suku, ras dan agama tetap terjaga dikota sawahlunto ini.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *