Kunjungi wilayah hukum Polda Sumbar, Puslitbang Mabes Polri akan lakukan Penelitian

TNS – Tim Puslitbang Polri mendatangi Polda Sumatera Barat. Kali ini, dalam rangka melaksanakan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri di wilayah hukum Polda Sumbar dan jajaran.

Kegiatan penelitian ini dipimpin Kombes Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si. selaku Koordinator pengendali, Kombes Pol Drs. Burdin Hambali selaku Ketua Tim Peneliti, Penata I Usman M.A. selaku Konsultan serta AKBP Hanafiah Nembo dan Penda Tegawati, A.Md.

Tujuan penelitian dimaksud adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap 5 fungsi layanan kepolisian, yaitu fungsi Lalu Lintas, Reserse, Intel , Binmas dan Sabhara.

Dalam penelitian ada 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu, Bukti langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Asurance) dan Kesesuaian (Conformance).

Adapun sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polda Sumbar dan jajaran dengan sampel penelitian masyarakat di wilayah hukum Polresta Padang, Polres Solok, Polres Tanah Datar, Polres Payakumbuh dan Polres Bukittinggi.

“Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat pada umumnya”, kata Ketua Tim Kombes Pol Guntur.

Selain respoden masyarakat, kegiatan penelitian juga melaksanakan Forum Grup Discusion (FGD) dengan Kapolres atau yang mewakili, para Kabag dan Kasat.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum menyambut baik kedatangan tim Puslitbang Polri, dan mempersilahkan tim untuk melakukan penelitian di wilayah Sumatera Barat.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *