Beri Pelayanan Ekstra, Pos Pengamanan Lebaran Polres Solok Kota Ringankan Beban Pemudik

TNS – Operasi Ketupat Singgalang 2019 di wilayah Polres Solok Kota memiliki 2 Pos Pengamanan yaitu Pospam Taman Kota Syeh Kukut serta Pospam Simpang Syamsidar, kemudian juga ada 2 Pos Pelayanan yaitu Posyan Sungai Lasi dan Posyan Singkarak.

Dalam hal ini, personil Pos Pam dan Pos Yan terdiri dari anggota Polri, TNI, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan.

“Adapun Pospam dan Posyan ini bertujuan untuk kelancaran lalu lintas, dan membantu pemudik yang akan pulang kampung sehingga beban pemudik menjadi ringan”, kata Kapolres Solok AKBP Dony Setiawan, S.Ik.

Diketahui, untuk geografis wilayah Solok Kota yang terdiri dari perbukitan dan jurang serta sering terjadi longsor, memerlukan ke hati-hatian bagi para pemudik untuk melintasinya.

Begitu juga anggota yang bertugas di Pospam dan Posyan, untuk bersinergi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan harus memberikan pelayanan yang ekstra terhadap masyarakat, tidak hanya untuk kelancaran lalulintas tetapi juga membantu hal lain yang menimpa pemudik selama perjalanan.

Seperti yang terjadi pada hari Kamis (6/6) lalu, tepatnya di Pos Yan Sungai Lasi, para personel Pos Yan melakukan pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan di Jorong Batang Pamo, Nagari Pianggu Kecamatan IX Koto Sungai Lasi yang mengakibatkan kemacetan.

Pembersihan material longsor tersebut dipimpin langsung Kapolsek IX Koto Sungai Lasi Iptu Edy Yuhendra, didampingi Kasi Humas Ipda Firdaus bersama dengan personel Polsek IX Koto Sungai Lasi dan personel Dishub Kabupaten Solok.

Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan korban materil. Usai dibersihkan, arus lalu lintas kembali lancar.

Begitu juga yang terjadi diwilayah Singkarak, Sebuah mobil Pick up mogok di sekitar palang pintu rel kereta api dekat Polsek Singkarak pada hari Sabtu (8/6). Akibat mogoknya kendaraan tersebut, jalur jalan lintas Sumatera di dekat Dermaga Singkarak menimbulkan kemacetan panjang terutama terhadap arus kendaraan dari arah Tikalak menuju Kota Solok.

Untuk mengurai kemacetan sepanjang jalan lintas Sumatera dekat Danau Singkarak tersebut, Kapolsek X Koto Dibawah Iptu Ahmad Ramadhan bersama personel Pos Yan Singkarak membantu mendorong mobil tersebut ke pinggir jalan.

Kapolsek X Koto Dibawah mengatakan, mobil tersebut mesinnya mati total saat melewati perlintasan rel Kereta api. “Saat petugas melihat hal itu, langsung mendekatinya dan mendorong kendaraan tersebut”, jelasnya.

Salah seorang personil Posyan, Bripka Afridonal yang mengerti tentang mesin mobil kemudian membantu memperbaiki mobil tersebut. Setelah dibantu, kendaraan tersebut kembali melanjutkan perjalanan kedaerah tujuanya dan para penumpang kendaraan mengucapkan terimakasih banyak kepada personil Kepolisian.

Sementara itu, di Posyan Sungai Lasi hari Sabtu (8/6) pagi personil Pospam membantu Balita Yusuf Alfari (2) yang mudik dibawa orang tuanya Fitra Tullah yang mengalami diare dalam perjalanan dari Padang menuju Rengat Riau. Balita tersebut dibantu oleh Personil Pospam dan diobati oleh tim kesehatan.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan mengapresiasi kinerja personil Pos Yan yang memberikan layanan ekstra di luar kewajibannya dalam memastikan kelancaran lalu lintas.

Menurut Kapolres, pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan secara total dan ikhlas serta niat tulus seluruh anggota Polres Solok Kota ke masyarakat, yang membuktikan semakin dekatnya institusi Polri dengan masyarakat.

“Seluruh anggota Polri adalah bagian dari masyarakat. Tentu, kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan para personel tersebut. Yakni berbuat melebihi tugas yang diembankan”, ucapnya.

“Diharapkan ini menjadi contoh bagi personel lainnya, sekaligus mendekatkan institusi Polri ke masyarakat. Terus jaga sinergitas dengan institusi lain dan tunjukkan pengabdian yang tulus ke masyarakat,” harapnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *