AKBP Bayuaji ajak warga Tanah Datar patuhi Aturan Berlalulintas

TNS – Kepala Kepolisian Resor Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas, SH mengajak kepada seluruh warga Tanah Datar untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas, yakni dengan mematuhi segala aturan lalu lintas.

“Mari kita ciptakan budaya tertib lalu lintas, dengan tertib berlalu lintas keselamatan akan terjaga dan laka lantas di wilayah hukum Tanah Datar akan menurun ,” kata Kapolres.

Saat ini pihaknya tengah melaksanakan Operasi Keselamatan Singgalang 2019, yang dilaksanakan dari tanggal 29 April hingga 12 Mei 2019.

“Ini juga merupakan operasi cipta kondisi pasca Pemilu 2019 dan menjelang bulan suci Ramadhan”, jelasnya.

Ditambahkannya, maksud dan tujuan operasi tersebut yakni untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan laka lantas.

“Menurunnya tingkat fatalitas korban laka lantas serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib berlalu lintas”, katanya.

Kapolres menjelaskan bahwa ada 7 pelanggaran Lalu Lintas yang akan menjadi fokus Road Safety yaitu penggunaan helm SNI, penggunaan safety belt, berkendara atau mengemudi saat mabuk. Kemudian batas kecepatan berkendara, penggunaan sepeda motor oleh anak dibawah umur, menggunakan HP saat berkendara serta berkendara melawan arus.

“Ketujuh jenis pelanggaran itu adalah Fokus Road Safety pada saat operasi nanti, namun terlepas dari ketujuh pelanggaran itu, pelanggaran lainnya juga pasti akan ditindak petugas jika ditemukan nantinya”, tegasnya.

Kapolres juga menghimbau, kepada masyarakat pengguna jalan di Tanah Datar agar senantiasa mentaati aturan berlalu lintas agar terhindar dari sanksi, saat terjaring Operasi Keselamatan nanti.

“Tertib berlalu lintas jangan pada saat ada operasi saja, melainkan harus terbangun dari kesadaran masyarakat pengguna jalan saat berkendara”, pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *