750 Atlet Taekwondo siap memperebutkan piala Kapolda Sumbar

TNS – Sebanyak 750 atlet Taekwondo dari Sumbar, Riau dan Kepri akan bertarung memperebutkan piala Kapolda Sumbar 2019, di Gedung Serbaguna Politeknik Pertanian PayakumbuhTanjung Pati Kec. Harau.

Kelas yang dipertandingkan kali ini adalah, Kelas Usia Dini Putra dan Putri, Kelas Perkadet Putra dan Putri, Kelas Junior Putra dan Putri, Kelas Pra junior Putra dan Putri, Kelas Senior Putra dan Putri.

Pertandingan akan berlangsung selama dua hari, di mulai pada tanggal 30 – 31 Maret 2019.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum sebelum membuka pertandingan tersebut mengatakan, upaya penguatan masyarakat dalam hal daya cegah dan daya tangkal terhadap kejahatan, maka peranan olahraga menjadi sangat penting dan strategis.

Dikatakan Kapolda, fungsi para pelaku olahraga, pada hakekatnya tidak hanya sekedar mengejar prestasi, tetapi juga merupakan bagian dari upaya menumbuhkan daya cegah dan daya tangkal tadi.

“Pelaku olahraga harus bisa menjadi agen, motivator dan juga contoh bagi masyarakat untuk membangun masyarakat yang patuh hukum, melalui sikap kedisplinan, sopan santun dan etika seorang olahragawan”, ucapnya.

Kemudian, kejuaraan Taekwondo Piala Kapolda Sumbar yang digelar, disamping untuk meningkatkan prestasi para atlet dan untuk mencari bibit-bibit atlet taekwondo yang ada di wilayah Sumatera Barat.

“Kejuaraan ini juga bertujuan untuk menyambung atau mengulangi lagi kejuaran Kapolda Sumbar yang sempat terhenti pada tahun 2002 yang lalu”, ujarnya.

Walapun upaya pembinaan selama ini telah dilakukan, namun perlu sebuah kejuaraan yang nantinya dapat mengukur sejauh mana pembinaan olahraga taekwondo tersebut telah dilaksanakan.

Ditambahkan Irjen Pol Fakhrizal, bahwa
begitu banyak atlet potensial dan berbagai macam olahraga di Sumatera Barat, namun kita tidak menyadari adanya potensi tersebut, bahkan tidak melakukan pembinaan dan tidak menfasilitasinya.

“Untuk itu, selaku Kapolda, saya akan terus mencurahkan perhatian dan akan menggairahkan kembali dunia olahraga di Sumatera Barat ini dengan menyelenggarakan kejuaraan-kejuaraan berbagai macam olahraga, sehingga akan membawa nama baik Sumatera Barat pada tingkat nasional dan bahkan tingkat internasional”, jelasnya.

Terkait kondisi suhu politik di tanah
air dalam masa kampanye Pemilu 2019, Irjen Pol Fakhrizal berharap dengan adanya kejuaraan Taekwondo Piala Kapolda Sumbar, dapat meredam situasi pada tahap kampanye Pilpres dan Pileg, seperti berita bohong atau Hoax,
ujaran kebencian, isu sara dan black campaign.

“Mari ciptakan Pemilu tahun 2019 yang aman, lancar, dan damai serta badunsanak di Ranah Minang yang kita cintai ini”, ajak Kapolda.

Dalam pembukaan kejuaraan Taekwondo piala Kapolda Sumbar tersebut, dihadiri oleh Staf Ahli Kementerian Desa, Desa Tertinggal dan Tranmigrasi RI Febby Dt. Bangso, Bupati Lima Puluh Kota Ir. Irfendi Arbi, Ketua Pengprov TI Taekwondo Sumatera Barat Drs. Handrianto, Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Kapolres 50 Kota AKBP Haris Hadis, S.Ik,
Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastiawan Setyowibowo, S.Ik, Direktur Politani, Ketua Koni Kab. Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh, istri Kapolda Ny Ade Fakhrizal, dan Tokoh masyarakat setempat.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *