Kapolda Sumbar buka Millenial Road Safety Festival di Padang

TNS – Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal, M.Hum membuka Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, Minggu (10/3) di Simpang Presiden Khatib Sulaiman, Kota Padang.

Usai dibuka oleh Kapolda, ratusan ribu pengunjung terlihat tumpah ruah dan menikmati MRSF di sepanjang jalan Khatib Sulaiman yang diketahui telah diberlakukan car free day pada hari Minggu di Kota Padang.

Berbagai kegiatan pun digelarkan, seperti Senam Kolosal Millenial, jalan santai, serta dihibur oleh atraksi Polisi Cilik (Pocil) binaan Ditlantas Polda Sumbar.

Kemudian juga adanya penampilan Safety Riding dari petugas lalu lintas gabungan Ditlantas Polda Sumbar dan Satlantas Polresta Padang, kemudian atraksi freestyle dan deklarasi keselamatan berlalu lintas.

Saat berlangsungnya Millenial Road Safety Festival di Padang, terlihat di hadiri oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Refdi Andi, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Forkompinda Sumbar, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM, pejabat utama Polda Sumbar, Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar Ny Ade Fakhrizal dan pengurus Bhayangkari.

Kapolda dalam sambutannya mengatakan, diketahui  bahwa pelanggaran Kamseltibcar lantas terus meningkat, selaras dengan tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan. Angka kecelakaan lalu lintas di Sumatera Barat saat ini rata-rata setiap harinya terjadi 8 kasus dengan korban setiap 1
hari 1-2 orang meninggal dunia.

Dari permasalahan yang telah diuraikan
tadi, maka Kapolri mengambil kebijakan dalam rangka mewujudkan komitmen Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum.

Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan. Program keselamatan merupakan komitmen pemerintah saat ini yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka menengah
Nasional Tahun 2015 sampai dengan 2019 dimana visi Pembangunan Indonesia adalah terwujudnya Indonesia yang Sejahtera, Demokratis dan Berkeadilan, salah satu capaian misinya adalah mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

Upaya meningkatkan keselamatan, keamanan dan kesadaran dalam meningkatkan tingkat keselamatan dan keamanan dan transportasi salah satunya adalah dengan meningkatkan
kerjasama dengan para pemangku kepentingan yaitu Lima Pilar yang ada didalam Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013.

Berdasarkan data korban kecelakaan lalu lintas, secara garis besar korban kecelakaan lalu lintas didominasi usia 16-35 tahun yang pada saat sekarang dikatakan dengan sebutan generasi Millennial. Hal ini menimbulkan
perhatian besar dari perkumpulan gerakan kebangsaan untuk dapat meningkatkan kesadaran berlalu lintas para generasi millenial di Indonesia agar tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Maka dari itu pemerintah menyambut
positif terhadap upaya yang dilakukan oleh perkumpulan gerakkan kebangsaan dan kelima pilar ini dengan melaksanakan kegiatan Millennial Road Safety Festival”, ucap Irjen Pol Fakhrizal.

Lanjut Kapolda, tujuan digelarnya kegiatan Millenial Road Safety Festival diantaranya membangun budaya tertib berlalu lintas, khususnya di kalangan generasi millennial dan meningkatkan kualitas keselamatan di jalan serta menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

“Kegiatan ini juga diharapkan menjadi ikon kepeka-an, kepedulian dan bela rasa untuk keselamatan demi semakin meningkatnya kualitas hidup manusia”, jelasnya.

Orang nomor satu di Polda Sumbar ini juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Gubernur Sumatera Barat beserta Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, Ketua Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, Dirlantas Polda Sumbar beserta jajaran, Walikota Padang beserta Forkopimda Kota Padang, Kepala Jasa Raharja, Unsur Lima Pilar Keselamatan Lalu Lintas, seluruh peserta dan panitia Millenial Road Safety Festival tahun
2019, serta hadirin undangan yang telah
mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

“Semoga apa yang telah diberikan menjadikan amal ibadah bagi kita semua”, tutup Kapolda Sumbar.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *