Bencana Banjir di Jorong Bangun Argo Nagari Ranah Palabi, Sejumlah Rumah Digenangi Air

TNS, Rabu (5/12) pagi telah terjadi bencana banjir di Jorong Bangun Argo Nagari Ranah Palabi Kec. Timpeh Kab. Dharmasraya, akibatnya beberapa rumah digenangi air dengan tinggi sekitar 35 Cm.

Atas kejadian itu, Kapolsek beserta Kanitintel dan Bhabinkamtibmas Nagari Ranah Palabi mendatangi lokasi yang terkena banjir, menurut informasi dari Kepala Ketua Pemuda Saudara Bayu bahwa bencana banjir yang terjadi di Jorong Bangun Argo di ketahui oleh warga pada pukul 09.00 wib dengan tinggi air setinggi sekitar 35 cm, adapun penyebab terjadinya banjir di akibatkan oleh kiriman air dari batang timpeh dan tidak adanya drainase maka air tersebut meluap ke pemukiman warga.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan mencapai sekitar Rp. 10.000.000.

Ketua Pemuda Suadara Bayu, juga menambahkan apa bila tidak di lakukan normalisasi Sungai Batang Timpeh serta tidak di bangunnya drainase maka setiap musim penghujan warga yang rumahnya di dataran rendah akan mengalami kebanjiran.

Setelah dilakukan pendataan adapun rumah warga yang terkena banjir diantaranya
1. Darsono, 61 tahun, Jawa, Tani, Jorong Bangun Argo Nagari Ranah Palabi Kec. Timpeh Kab. Dharmasraya.
2. Rasmini, 65 Tahun, Jawa, Tani, Jorong Bangun Argo Nagari Ranah Palabi Kec. Timpeh Kab. Dharmasraya.
3. Marta fialdi, 48 Tahun, Jawa, Guru, Jorong Bangun Argo Nagari Ranah Palabi Kec. Timpeh Kab. Dharmasraya.
4. Sarwono, 45 Tahun, Jawa, Tani, Jorong Bangun Argo Nagari Ranah Palabi Kec. Timpeh Kab. Dharmasraya

Dalam tinjauan Kapolsek Sitiung I Koto Agung serta personilnya, menghimbau kepada warga agar selalu waspada guna menghindari terjadinya hal – hal yang tidak di inginkan.

Selain itu, Kapolsek juga menghimbau kepada warga yang rumahnya di dataran rendah agar mengungsikan barang elektronik dan hewan ternak guna menghindari kerugian materil yang cukup besar.

Dari pantauan tim dilapangan, saat ini air yang menggenangi rumah warga sudah mulai surut dan warga sudah mulai membersihkan rumahnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *