Polres Tanah Datar gelar Simulasi dalam rangka Lat Pra Ops Mantap Brata 2018

TNS – Latihan Pra Operasi Mantap Brata 2018 di wilayah hukum polres tanah datar sudah mencapai puncaknya. Puncak dari Latihan tersebut adalah Simulasi dari Pengamanan TPS guna mengetahui cara bertindak dari anggota Kepolisian dalam mengamankan TPS.

Dipimpin oleh Kapolres Tanah Datar AKBP H. Bayuaji Yudha Prajas, SH, kegiatan diawali dengan apel dengan menggelar seluruh pasukan yang akan ikut serta dalam simulasi tersebut.

Selain anggota Polres yang akan menjadi pelaku dalam simulasi ini, Polres Tanah Datar juga dibantu oleh anggota KPU.

Simulasi dimulai dari pengamanan TPS dimana bagaimana petugas melakukan pengamanan terhadap masyarakat yang akan melakukan pemilihan.

Saat adegan ada juga masyarakat yang buta yang dibantu oleh anggota KPU dalam melakukan pemilihan. Selain itu Ada juga masyarakat yang sehabis bertani membawa peralatan tajam.

Disini petugas kepolisian serta dibantu Linmas mengamankan peralatan tajamnya untuk diamankan. Setalah petani tersebt melakukan pemilihan barulah nanti peralatan tersbut dikembalikan lagi.

Adegan selanjutnya diperagakan saat adanya masyarakat yang tidak terima terhahdap penghitungan suara dan mencoba mengambil kotak suara, tapi itu tidak berhasil karena dengan kesiapan kepolisian, masyarakat tersebut dapat diamankan berserta dengan barang bukti diamankan oleh KPPS dan Panwaslu.

Akhir adegan, diperagakanlah bagaimana masyarakat sudah berkumpul mendemo Kantor KPU untuk menuntut hasil dari penghitungan suara.

Setelah menerima informasi bahwa adanya massa yang ingin melakukan demo, Kapolres memerintahkan anggota untuk menurunkan pleton Dalmas di Kantor KPU.

Pleton Dalmas nantinya akan dilakukan penindakan bagi adanya provokator. Nantinya Pleton Dalmas akan menenangkan massa hingga situasi dapat terkendali.

Akhir acara, Kapolres Tanah Datar yang diwakili Wakapolres menyampaikan ucapan terima kasih atas Simulasi yang telah dilaksanakan.

“Semoga dalam Operasi Mantap Brata 2018, di wilayah hukum Polres Tanah Datar dapat berjalan aman dan lancar”, ujarnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *