Wakapolres Pariaman Hadiri Ritual Manabang Pisang Tahun 2018

TNS – Wakapolres Pariaman Kompol Suyono, SIK menghadiri ritual Manabang Batang Pisang Tahun 2018 bertempat di Kelurahan Lohong dan Kelurahan Alai Galombang Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, Sabtu (15/9) pukul 18.00 Wib.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar S.sos, M.si Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman Elfis Candra, Kepala Dinas Pehubungan Kota Pariaman Yota Balat, Danramil Pariaman Mayor A. Pakaya, Kasat Pol. PP Kota Pariaman, Pejabat teras Polres Pariaman, orang Tuo kedua Tabuik beserta anak Tabuik dan Pengunjung yang menyaksikan Prosesi tersebut yang berjumlah lebih kurang 700 orang.

Ritual Manabang Batang Pisang tersebut dilaksanakan dengan cara orang tuo tabuik menebang batang pisang dengan sekali tebasan dengan sebuah pedang yang menyimbolkan ketajaman pedang tersebut, selesai menebang batang pisang kemudian anak tabuik kembali menuju daraga rumah tabuik pasa dan subarang dengan cara iring-iringan menggunakan gendang tasa, setelah itu ke dua kubu anak tabuik akan berselisih jalan disimpang Tabut Pariaman dengan terjadi sedikit pertengkaran kecil akan tetapi pertengkaran tersebut diselesaikan ke orang tuo kedua tabuik, kemudian anak tabuik pasa dan anak tabuik subarang kembali ke rumah tabuik masing-masing.

Selama prosesi ritual maambiak tanah tersebut dilakukan Pengamanan oleh gabungan Personil Polres Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, Dishub Kota Pariaman dan Sat. Pol. PP Kota Pariaman.*

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *