Polres Solok Kota Resmikan Traffic Management Center (TMC)

TNS – Walikota Solok H. Zul Elfian Dt Tianso S.H.,M.Si., resmikan Traffic Management Center (TMC) Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Solok Kota saat menghadiri upacara Hari Bhayangkara Ke-72 hari Rabu, 11 Juli 2018 di Mapolres Solok Kota.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan SIK.,M.H., meminta kepada Walikota Solok untuk meresmikan TMC Polres Solok Kota dengan didampingi Ketua DPRD Kota Solok Yutriscan S.E., Kasdim 0309 Solok Mayor Inf Supadi, Kasi Intel Kejari, Kepala Jasa Raharja,  Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman dan Ketua Bundo Kanduang Kota Solok.

Sebelum dimulai peresmian, AKBP Dony menegaskan bahwa TMC ini dibangun dalam rangka menindaklanjuti program Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs.Fakhrizal M.Hum untuk meningkatkan kinerja pelayanan Polri bidang lalu lintas dan pembangunan TMC Polda Sumbar.

Kapolres menjelaskan, bahwa TMC ini dibangun sebagai penunjang dalam memonitor kinerja Sat Lantas. Selain itu, TMC dapat mempermudah Sat Lantas dalam memonitor kemacetan, arus mudik dan balik saat lebaran, memonitor pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dan bahkan mempermudah penyelidikan tindak pidana.

Karakteristik CCTV yang digunakan adalah CCTV yang koneksi internetnya menggunakan kartu sim card, sehingga pemasangannya dimanapun dapat lebih dinamis tanpa harus terkoneksi dengan internet service provider, cukup dengan quota internet dari sim card, operator dapat memonitor arus lalu lintas secaraonline baik melalui personal computer ataupun handphone.

AKBP Dony menjelaskan pembangunan awal TMC Polres Solok Kota adalah sebanyak 11 titik dengan tambahan dari koneksi sebelumnya dari Dinas Perhubungan Kota Solok sebanyak 4 titik.

Dilanjutkan oleh Kasat Lantas Polres Solok Kota, Iptu Rifaizal Samual SIK, sambil menunjuk layar monitor menerangkan lokasi pemasangan 11 titik CCTV tersebut yaitu :

1. Simpang Koramil (kamera CCTV mengarah langsung ke arah dalam Kota Solok).
2. Simpang Koramil (kamera CCTV mengarah langsung ke arah jembatan Jln Bypass dan Padang menuju Kota Solok).
3. Simpang Samsidar (kamera CCTV mengarah langsung ke arah menuju daerah Sungai Lasi Kab. Solok).
4.Simpang Samsidar (kamera CCTV mengarah langsung ke arah dalam Kota Solok).
5. Simpang Bandar Pandung (kamera CCTV mengarah langsung ke arah jembatan menuju daerah Laing).
6. Simpang Bandar Pandung (kamera CCTV mengarah langsung ke arah menuju daerah Padang Panjang).
7. Simpang Karya (kamera CCTV mengarah langsung ke arah Pasar Raya Kota Solok).
8. Simpang Karya (kamera CCTV mengarah langsung ke arah daerah Air Mati Kota Solok).
9. Simpang SMPN 1 Kota Solok (kamera CCTV mengarah langsung ke arah menuju Jln KS. Tubun Kota Solok).
10. Simpang Rumbio (kamera CCTV mengarah langsung ke arah menuju Simpang KTK Kota Solok).
11. Simpang Denpal (kamera CCTV mengarah langsung ke arah dalam Kota Solok).

Kapolres berharap, dengan adanya TMC ini, Pemkot Solok dapat menindaklanjuti rencana pembangunan Smart City sebagaimana telah diterapkan di Kota/Kabupaten di Provinsi lain.

Sementara itu, Walikota Solok dan Ketua DPRD Kota Solok menyambut baik dan mengapresiasi inovasi ini. Bahkan Walikota Solok langsung menunjuk ke arah monitor salah satu pengendara bermotor yang sedang melanggar lalu lintas di simpang samsidar. “Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari inovasi ini”, ujar Walikota.

Ketua DPRD Kota Solok Yutriscan S.E. juga menyampaikan apresiasi atas inovasi ini dan mengusulkan agar bisa ada penambahan CCTV lagi untuk menjangkau lokasi-lokasi lainnya.(*)

Sumber : Polressolokkota.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *