Kapolres Kep. Mentawai Melakukan Antisipasi Paham Radikal dan Aksi Terorisme di Kab. Kep. Mentawai.

TNS, Untuk mengantisipasi beberapa kejadian yang terjadi di beberapa daerah akhir-akhir ini, membuat jajaran Polres Kepulauan Mentawai melakukan beberapa langkah untuk mengantispasi kejadian tersebut, salah satunya yaitu mengadakan rapat lintas agama bersama dengan forkopinda di Kepulauan Mentawai yang juga mengatisipasi paham radikal dan aksi terorisme, Rabu (16/5) kamaren.

“Kita beberapa hari ini sama-sama telah melihat kejadian teror dibeberapa tempat diwilayah Republik Indonesia, yang mana kejadian tersebut dapat memicu konflik antar amat beragama. Maka dari itu kita mengantisipasi kejadian tersebut jangan sampai terulang kembali di Negara yang kita cintai ini ( NKRI ) khusus nya di Kab. Kep. Mentawai”, ujar Kapolres Kepulauan Mentawai Akbp Hendri Yahya, SE.

“Hari ini beberapa upaya telah kita lakukan, diantaranya kita telah melaksanakan temu ramah dengan beberapa perwakilan Da’i dari Yayasan Muslim Peduli Mentawai yang akan disebar ke perkampungan-perkampungan di Kab. Kep. Mentawai. Kita mengingatkan kepada para Da’i tersebut agar dalam menyampaikan Dakwah jangan sampai melenceng dari ajaran Islam dan harus sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist, selama bertugas harus bersosialisasi dengan masyarakat setempat, menjalin komunikasi dan hubungan yang baik”, imbuhnya.

Kegiatan Rapat Lintas Agama Forkopinda dengan Tokoh Agama Kab. Kep. Mentawai yang difasilitasi oleh Bupati Kabupaten Kep. Mentawai Yudas Sabagalet, SE. MM. Pada rapat tersebut menekankan bahwa Polres Kep. Mentawai telah meningkatkan pengawasan, kita telah menempatkan personil disetiap jalur-jalur yang menuju Kabupaten Kep. Mentawai, seperti Pelabuhan Bungus, Pelabuhan Teluk Bayur, Pelabuhan Muara Padang serta meningkatkan Patroli Perairan dengan sasaran Kapal Asing dan Kapal Nelayan yang masuk ke Perairan Kabupaten Kep. Mentawai.

“Kita juga mengingatkan kepada para tokoh agama agar dapat menyikapi kejadian dan isu- isu yang berkembang dengan bijak, serta jangan mudah untuk terprovokasi”, tambahnya.

Selain itu, kegiatan juga dilanjutkan melalui Program Talk Show Radio dengan sasaran untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan lebih meningkatkan lagi kepedulian serta pengawasan terhadap anak-anak ataupun keluarga, apabila ada pergaulan dari anak-anak atau keluarga bahkan tetangga kita yang tidak wajar, harap segara melaporkannya kepada Aparat Kepolisian.” tutup Akbp Hendri Yahya, SE.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *