Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura Gelar Patang Balimau

TNS, Sehari sebelum masuknya bulan ramadhan, di daerah Sumbar ini ada kegiatan yang unik yaitu tradisi balimau, salah satu daerah yang masih melaksanakannya secara rutin yakni daerah Pancung Soal dan Airpura. Kegiatan ini merupakan kegiatan Adat “Patang Balimau” Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura yang digelar, Rabu (16/5)  yang dimulai sekitar pukul 14.00 Wib.

Kegiatan “Patang Balimau” tersebut merupakan acara rutin tahunan dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura bersama masyarakat Pancung Soal dan Airpura dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, dalam acara “Patang Balimau”.

Kegiatan itu di hadiri oleh Sekda Pemda Pessel  Ir. ERIZON. MT, Kapolsek Pancung Soal IPTU MUHAMMAD SUGINDO, S.Ik, Danramil KAPTEN SUTOPO, Camat Pancung Soal SUTAN HERIYADI, S.Sos, Camat Aippura EFRIANTO, Ketua KAN Inderapura KHAIRUL SALEH RKY RAJO GERANG, Ninik Mamak Nan 20, Anggota Keraptan Adat Nagari Inderapura, Perwakilan Ninik Mamak Sungai Penuh dan Muko-muko, Para Wali Nagari se Kecamatan Pancung Soal dan Airpura, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang serta Masyarakat Pancung Soal dan Airpura yang jumlahnya lebih kurang 2000 Orang.

Kegiatan tersebut dimulai dari Mesjid Agung Pasar Gedang Inderapura dengan melakukan Kegiatan Zikir dilanjutkan Doa dan makan bersama yang selanjutnya melakukan Arak-arakan dari Mesjid Agung Menuju Gudang Garam di Muara Sakai.

Sesampai di Gudang Garam Muara Sakai Rombongan arak-arakan langsung di Sambut dengan Tari Gelombang dan dilanjutkan Pergelaran Kesenian Tradisional yaitu Randai, Silek Tradisional dan Hiburan Kasidah Gambus.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *