TNI, Polri Dan ASN Sepakat Menjaga Kekompakan Seluruh Komponen Bangsa

TNS – Dalam rangka menghadapi Pilkada Wilayah Sumbar Tahun 2018, TNI bersama Polri dengan melibatkan ASN sepakat  menjaga sinergisitas dan netralitas  serta menjaga kekompakan seluruh komponen bangsa.

“TNI selaku bagian dari komponen itu perlu membangun dan membina sinergisitas serta kekompakan dari tingkat pusat hingga daerah. Egosektoral dan primodialisme harus disingkirkan, karena hanya dengan bersatu dan bergerak secara bersama-sama bangsa Indonesia dapat menjawab dan menghadapi setiap potensi yang mengancam kedaulatan NKRI”, kata Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji yudha Prajas saat membacakan sambutan Panglima TNI dalam  Upacara Gabungan TNI, Polri dan ASN di Makodim 0307 Tanah Datar, Selasa (17/04).

Dalam sambutan Panglima TNI yang dibacakan kapolres itu, disampaikan bahwa, Ketahanan Nasional yang kuat mustahil tanpa adanya soliditas dan kekompakan seluruh komponen bangsa dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terkait masalah pilkada serentak di Sumatera Barat Tahun 2018 ini Panglima TNI melalui sambutan yang dibacakan Bayuaji, mengajak  TNI untuk selalu mengutamakan netralitas walau ada purnawirawan yang ikut berpolitik namun prajurit TNI tidak boleh terpengaruh, karena ini juga bentuk penghargaan negara bagi purnawirawan TNI maupun Polri.

Katanya, diketahui saat ini kemajuan teknologi semakin pesat itu berarti tantangan kedepan semakin berat dan kompleks, hal tersebut menuntut kemampuan beradaptasi dan berinovasi karena itu senantiasa kita memperhatikan lingkungan nasional, regional maupun global, guna memahami segala hal yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas tidak hanya bagi TNI, namun juga Polri dan ASN serta seluruh elemen masyarakat.

“Salah satu tantangan yang akan kita hadapi adalah pilkada serentak di 171 daerah diseluruh wilayah Indonesia dan pada saat ini juga rangkaian pemilu tahun 2019 mendatang juga akan dimulai, pesta demokrasi tersebut biasanya diikuti meningkatnya suhu politik, kerawanan akan timbul, bila hal itu dibarengi berbagai tindakan kontra produktif, seperti kampanye hitam dan provokasi serta pengerahan masa yang anarkis. Untuk itu Panglima TNI menghimbau prajurit dan ASN TNI untuk tidak bersikap reaktif terhadap segala isu yang berkempang,” sebut Bayuaji.

Upacara gabungan tersebut juga turut dihadiri langsung Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Nandang Dimyati, Jajaran TNI, Polri dan ASN Pemkab. Tanah Datar.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *