Polres Solok Kota Adakan Penyuluhan Kesehatan Dalam Rangka Memperingati Hari Tuberculosis Sedunia

TNS, Dalam rangka memperingati hari Tuberculosis sedunia, Polres Solok Kota memberikan sosialisasi kepada personilnya dengan kegiatan penyuluhan Kesehatan dengan tema ‘ peduli TBC, Indonesia Sehat, dengan pembicara Dr. Dini Asta Diani, Selasa (17/4).

Dalam kegiatan itu diikuti oleh Personil dari Polsek dan Polres Solok Kota serta pengurus Bhayangkari cabang Solok Kota, dan dibuka oleh Kapolres Solok Kota dengan diwakili oleh Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak SH.

Materi yang disampaikan oleh pembicara dalam kegiatan sosialisasi sebagai berikut :
Setiap tahunnya penderita penyakit ini bertambah dengan seperempat juta kasus baru, sekitar 140.000 kematian terjadi setiap tahunnya disebabkan TBC.

Indonesia adalah negara ke tiga terbesar dengan masalah TBC di dunia,
sebagain besar penderita TBC adalah mereka yang usia produktif (15 – 55 th) dan TBC adalah pembunuh nomor satu diantara penyakit menular. Penyebaran penyakit secara langsung, lokasi terbanyak di Paru-paru dapat juga menyerang ginjal dan tulang.

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi paru.
Gejala TBC batuk, demam, batuk dara, sesak nafas, keringat malam, nyeri dada dan penurunan berat badan.

Pencegahan tuberkulosis dengan cara minum obat secara teratur sampai selesai, menutup mulut saat bersin atau batuk, tidak meludah disembarang tempat, muludah ditempat yang kena sinar matahari atau ditempat yang diisi sabun atau karbol.

Mencegah TBC pada anak, hindari kontak dengan pasian TBC menular, mengobati pasien TBC positif dengan benar dan imunisasi BCG yang dapat mencegah tuberkulosis berat pada anak, tutup dokter dini.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *