Kapolda Sumbar Pimpin Upacara Bendera Gabungan TNI, Polri dan Pemda

TNS – Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum, pagi tadi memimpin langsung upacara bulanan gabungan TNI Polri dan Pemprov Sumatera Barat, Selasa (17/4) di lapangan RTH Imam Bonjol Padang.

Upacara ini dihadiri oleh Danrem 032/WBR Brigjen TNI Mirza Agus, Danlantamal II Padang Laksamana TNI Agus Sulaiman, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM, dan Forkopimda Sumatera Barat.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari pasukan, TNI AD, AU, AL, Brimob dan Sabhara Polda Sumbar, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemprov Sumbar dan Pemko Padang.

Upacara dalam rangka meningkatkan Sinergitas dan Netralitas dalam Pilkada wilayah Sumbar Tahun 2018 ini, Kapolda menyampaikan bahwa dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 dan agenda Nasional Pemilu 2019, saat ini pentahapannya sedang berlangsung.

Ditambahkan Kapolda, perkembangan dan dinamika politik diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan, sehingga berpotensi menimbulkan benturan, konflik dan perbedaan pendapat antar kelompok massa yang dapat mengganggu pesta demokrasi.

“Menyikapi permasalahan tersebut, khususnya TNI Polri agar kita semua tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip Netralitas dan tidak memihak dalam penyelenggaraan Pilkada”, ujar Irjen Pol Fakhrizal saat membacakan amanatnya.

Kemudian kata Kapolda, juga harus mampu menentukan langkah-langkah yang proaktif, sehingga konflik yang ada dapat diantisipasi sedini mungkin agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata.

“Saya harapkan kepada kita semua agar lebih peka terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat. Dengan melakukan kegiatan Preemtif dan Preventif, sehingga dapat memberikan rasa aman pada seluruh masyarakat.”, pungkas Kapolda Sumbar.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *