Antisipasi DBD, Dinkes Pessel lakukan Fogging dan Pemberian Bubuk Abate.

TNS, Penyakit demam berdarah dengue atau DBD biasanya akan cenderung mengalami peningkatan seiring dengan datangnya musim penghujan. Tingginya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD yaitu Aedes aegypti. Faktor lingkungan serta pemahaman dan kesadaran masyarakat yang masih minim tentang penyakit ini,  untuk mencegah timbulnya kasus deman berdarah dengue.

Musim hujan yang mulai turun beberapa hari ini di beberaa wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pogging ( pengasapan) di sejumblah wilayah yang ada di kota Painan, Kamis (12/4).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pessel Dr. Satria Wibawa menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihaan dan pola hidup bersih, dengan kondisi anomali cuaca yang sekarang ini mulai turun hujan.

” kita, akan lakukan fogging dan pemberian bubuk abate” tegas Kepala Dinas Kesehatan itu.

Untuk itu Satria menghimbau kepada masyarakat bisa menjaga pola hidup bersih, Pemberantasan Sarang Nyamuk atau PSN dengan cara 3M Plus.

Program PSN 3M terdiri dari, menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat pernampungan air seperti bak mandi, ember, air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es, dan lain-lain, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah dengue.

” Kita mintak Pukesmas – pukesmas bisa turun ke lapangan, laporkan segera jika ada masyarakat yang terkena DBD,” Tegas nya.

Sementara itu berdasarkan pantuan dilapangan, terlihat fogging dilakukan di daerah painan tepatnya di Asrama Polres Pessel.(*)

[Humas respessel]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *