Tekan Angka Kecelakaan, Polsek Rambatan Tertibkan Pelajar SMP 1 Rambatan

TNS – Untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas serta mengurangi pelanggaran Jajaran Polsek Rambatan yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Teguh Priyatno, SH melakukan penertiban kendraan roda dua dengan sasaran pelajar SMP yang menggunakan sepeda motor ke sekolah.

Kali ini yang menjadi tempat kegiatan adalah SMPN 1 Rambatan dengan sasaran utama adalah kendraan yang tidak sesuai dengan ketentuan, seperti memakai knalpot racing, tidak menggunakan kaca spion dan bodi motor trondol, yang mana berdasarkan laporan masyarakat bahwa banyak anak sekolah yang menggunakan sepeda motor dengan suara knalpot keras dan mengendara secara ugal ugalan yang sangat mengganggu masyarakat sekitar.

“Untuk kendraan yang tidak sesuai ketentuan saat ini akan kami lakukan pembinaan saja, kendaraan yang tidak sesuai kami bawa ke kantor dan boleh dijemput oleh orang tua  jika sudah lengkap dan membuat pernyataan, jika masih terulang akan kami berikan tindakan”, ujar Kapolsek.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala sekolah SMPN 1 Rambatan Asriyanto, S.Pd menegaskan bahwa pihak Sekolah sebelumnya juga melarang para siswa untuk tidak membawa kendaraan (sepeda motor) ke Sekolah.

“Kami dari pihak sekolah, sudah melarang seluruh siswa untuk membawa kendraan ke sekolah, hal tersebut sudah kami sampaikan kepada wali murid dan kami tidak menyediakan tempat parkir di lingkungan sekolah. Namun pelajar yang membawa sepeda motor tersebut memarkir kendraan dirumah penduduk yang tidak jauh dari sekolah”, kata Asriyanto.

Padahal aturan yang tercantum dalam Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah jelas. Mereka yang mau mengendarai motor/mobil harus berusia minimal 17 tahun.

Pada Pasal 281 disebutkan “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah)”.

“Karena itulah kami dari Kepolisian Polsek Rambatan, menghimbau kepada orang tua, mari kita ajarkan anak-anak kita keamanan berkendara dengan tidak mengendarai kendaraan bermotor sampai umurnya sesuai, dan jangan  memberikan ruang serta fasilitas untuk anak berkendara roda dua maupun empat”, pungkas AKP Teguh.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *