Polres Agam Kawal Penyampaian Aspirasi Masyarakat

TNS, Polres Agam Kawal Penyampaian Aspirasi Masyarakat Jorong Malabur Nagari Bawan ke Kantor Pengadilan Negeri Lubuk Basung. Sekitar puluhan warga Padang Galanggang Jorong Malabur Nagari Bawan Kec. Ampek Nagari Kab. Agam dibawah koordinator Sutan Bujang T.SE, 63 tahun, Warga jorong Melabur Nagari Bawan Kec. IV Nagari Kab. Agam mendatangi Kantor Pengadilan Negeri Lubukbasung, Senin (12/4) sekitar pukul 10:30 WIB.
Kedatangan mereka itu dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda enam untuk menyampaikan aspirasi agar pihak hakim menegakkan hukum seadil-adilnya di dalam persidangan nantinya.
Sesampai di PN Lubukbasung, massa memegang sembilan lembar poster yang berbunyi mohon keluarkan anak kemenakan atas nama Beni Kaputra, 38 Tahun dan Ryandenil Hanafi, 39 Tahun karena mereka bukan pencuri, aksi damai kaum Datuak Bangso Suaro Dirajo Nagari Bawan.
tujuan menyampaikan Aspirasi dengan cara membawa Pamplet yang berisikan Tulisan bentuk kekecewaan terhadap keadilan ke Pengadilan Negeri Lubuk Basung serta dukungan Moral kepada terdakwa dalam sidang pidana kasus Pencurian buah kelapa sawit an. terdakwa.
Tulisan yang dibuat oleh masyarakat adalah antara lainĀ  Aksi damai kami kaum datuak bangso dirajo, Kami orang cilik, kami orang miskin, kami bodoh, kami awam, namun kami bukan pencuri, Kami heran, kami bingung, masih adakah keadilan, Mohon bebaskan anak keponakan kami atas nama Beni dan Danil karena mereka bukan pencuri.


Ketua Pengadilan Negeri Kelas II B Lubuk basung, Indrawan mengatakan, pihaknya tidak akan intervensi dan sidang terbuka untuk umum, Keluarga terdakwa silahkan hadir setiap persidangan dan ini sidang pertama dalam membacakan dakwaan,” katanya.
Dalam memutus perkara, akan memutuskan sesuai aturan yang berlaku dan apa tuntutan warga akan dibuktikan dalam persidangan, Sidang pembacaan dakwaan itu dengan Ketua Hakim atas nama Ida Maryam Hasibuan, SH. MH, anggota Duano Aghaka, SH, dan Shinta Nike Ayudia, SH. MH, Setelah pembacaan dakwaaan, sidang dilanjutkan eksepsi atau pembelaan dari panasehat hukum terdakwa atas nama Yasmen Eka Putra, SH, Corry Amanda, SH, MH, Senin (19/3).
Kepala Bagian Operasi Polres Agam, Kompol Andrizal Guci, SH, MH Mengatakan, Polres Agam mengerahkan 80 personel dalam mengawal pelaksanaan tersebut, Anggota ini berada di depan Kantor PN Lubukbasung dan pintu masuk ruang sidang, “Kita tidak menginginkan terjadi anarkis saat aksi dan sidang,” katanya.
Setelah pembacaan dakwaan, warga dengan jumlah sekitar 60 orang itu membubarkan diri dan pelaksanaan sidang berjalan dengan baik.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *