19 Orang Penyalagunaaan Narkoba, Berhasil Dibekuk Res Narkoba Polres Pessel

TNS, Satuan Reserse Narkoba Polres Pesisir Selatan selama bulan Januari hingga maret 2018 berhasil mengamankan 19 orang pelaku tersangka penyalagunaan Narkoba dan Sabu yang ada di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, dengan jumlah sabu 15, 57 Gram dan Ganja 715 gram.

Selain barang bukti Narkoba jenis ganja dan shabu tersebut, ikut diamankan juga barang bukti lainya yaitu satu pucuk senpi rakitan ikut diamankan dari tiga orang pelaku Residivis tindak pidana lainya. Yang kembali ditangkap dengan perkara yang lain.

Hal ini dijelaskan pada Jumpa Pers Satuan Reserse Narkoba Polres Pessel diruang Sat Narkoba Polres Pessel, Senin (12/3) pukul 17.00 Wib.

Hadir dalam konfrensi pers sore itu Wakapolres Kompol I.Gusti Made Reje, Kabag Ops Kompol Mirza Herwanto, Kasat Narkoba AKP. Indra Sonedi.SH serta KBO.

“Keberhasilan ini adalah berkat kerja keras tim opsnal Narkoba Polres Pessel dalam perang terhadap Narkoba di wilayah Hukum Polres Pessel,” tegas Wakapolres .

Ia menjelaskan, 19 pelaku penyalahgunaan Narkona jenis Ganja dan Shabu yang rata – rata adalah penggedar ini berhasil diungkap selama bulan Januari hingga Maret 2018 di 14 TKP  yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Dan, kini Polres Pessel terus melakukan pengembangan dan penyidikan target – target operasi narkoba, ungkapnya.

Kabag Ops Polres Pessel Kompol Mirza Herwanto yang turun langsung dalam operasi “ANTIK ” Anti Narkotika ” di Polres Pessel mengatakan, berdasarkan target yang diberikan oleh Polda Sumbar untuk pengungkapan perkara narkoba 2 TO, Sat Narkoba Polres Pessel berhasil memenuhi target tersebut.  Bahkan melebih target, 3 perkara non TO juga berhasil diungkap.

“Operasi ANTIK ini dilaksanakan di 7 Polres, salah satunya polres Pessel, dan kita berhasil di urutan 2 dalam hal pengungkapan dalam operasi ini,” katanya.

Sementara itu Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Indra Sonedi SH dalam paparanya didepan awak media menegaskan, tanpa bantuan dan kerjasama dari masyarakat  hal ini tidak bisa berjalan lancar ” kita bisa karena bersama, dengan bersama kita bisa”, dengan waktu Dua Bulan Setengah 19 perkara narkoba berhasil diungkap. Terhitung dari bulan  Januari – Maret 2018.

“Kita tetap komit dalam memberantas dan perang terhadap narkoba” tegas dirinya.

Ia menjelaskan, selain mengamankan pelaku penyalagunaan Narkoba, tim Opsnal Narkoba Polres Pessel juga berhasil mendapatkan barang bukti satu pucuk senpi laras pendek rakitan, dari salah seorang pelaku narkoba yang sebelumnya residivis dalam perkara yang lain. Tiga peluru aktif juga ikut diamankan.

Dan perkara kepemilikian senpi ini akan di serahkan ke Sat Reskrim yang melakukan penyelidikan lebih lanjut, ujarnya.

“Kebanyakan barang haram narkoba berasal dari Padang, bukan dari Pessel,” tegas nya.

Sedangkan untuk usia pelaku penyalagunaan narkoba ini rata – rata umur 20 keatas.  Selain tindakan prefentif, sosialisasi, penyuluhan hukum ke sekolah dan nagari – nagari juga dilakukan sebagai bagian dari pencegahan serta meminimalisir penyalagunaan narkoba di kalangan generasi muda, ucapnya.

Saat ini 19 orang pelaku kita amankan di Mapolres Pessel, dan beberapa barang bukti narkoba jenis Sabu 15, 57 Gram dan Ganja 715 gram serta alat hisap, HP dan senpi, guna penyelidikan lebih lanjut. (*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *