Sepakat, Peluncuran Kampanye dalam Pilkada Kota Pariaman 2018 segera Digelar

TNS – Peluncuran Kampanye Damai pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pariaman 2018 digelar Minggu (18/2) mendatang. Peluncuran kampanye damai akan diikuti oleh tiga pasangan calon peserta Pilkada 2018, pendukung, parpol pengusung dan stake holder terkait.

Ketua KPU Kota Pariaman, Boedi Satria mengatakan, usai melakukan, perkenalan pasangan calon dan komitmen akan melakukan kampanye damai dilanjutkan dengan peluncuran kampanye dalam dilakukan dengan konvoi kendaraan roda empat dari rombongan paslon.

Sementara rute yang akan dilalui pada saat kampanye damai yakni, start dari Balai Kota Pariaman – Simp. Lapai – Simp. Jagung – Simp. Punggung Lading – Simp. Empat SMK 1 – Simp. 3 Jati – Bato – Talago Sariak – By Pass – Simp. Apar – Simp. Tabuik – Simp. Galombang – Finish Balai Kota Pariaman.

Pada konvoi itu, pendukung pasangan calon tidak diperbolehkan menggunakan sepeda motor, untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

“Masyarakat dapat melihat pasangan calon yang nantinya akan dipilih pada Pilkada 2018 mendatang, dan ini juga mengajak masyarakat Kota Pariaman menjadikan Pilkada Kota Pariaman secara damai”, jelasnya.

Dikatakanya, KPU Kota Pariaman juga meminta agar paslon untuk menanggalkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang telah dipasang. Jika tidak dibersihkan, maka tim gabungan KPU, Panwaslu Kota Pariaman akan membersihkannya.

Sementara, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo, S.Ik melalui Kabag Ops Kompol Abdus Syukur Felani, S.Ik mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan skema pengamanan pada saat dilaksankannya kampanye damai itu. Dari sisi kelancaran lalulintas saat konvoi, pihaknya juga akan menempatkan personil mengatur arus kendaraan.

“Kita lakukan pengamanan mulai dari lokasi start kampanye damai maupun jalur yang dilalui, untuk rombongan konvoi ada patwal pembuka dan penutup”, ujarnya.

Menurutnya, peluncuran kampanye damai penting dilakukan sebagai upaya cipta kondisi agar pelaksanaan Pilkada kota Pariaman berlangsung damai.

Kompol Abdus Syukur yang juga mantan Kasat Reskrim Polresta Padang ini menjelaskan, tahapan kampanye merupakan salah satu tahapan yang rawan. Tingginya tensi politik pada tahapan ini bisa saja memicu terjadinya gesekan antara pendukung.

“Dengan sistim kekerabatan yang ada di Kota Pariaman, dan komitmen bersama paslon dan tim, saya yakin Pilkada kita akan berjalan dengan badunsanak. Namun kami tetap lakukan langkah-langkah pencegahan,” jelasnya mengakhiri.

Rapat koordinasi persiapan peluncuran kampanye damai Pilkada Kota Pariaman 2018, dihadiri sejumlah stake holder yang ada, dari Kodim 0308/Pariaman, Kakan Kesbangpol Kota Pariaman, Panwaslu Kota Pariaman, Perwakilan Parpol se Kota Pariaman.(*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *