Bawa Kayu Tanpa Surat, M Diamankan Satreskrim Polres Pasaman Barat

TNS – Polres Pasaman Barat, tadi siang menggelar release tentang Pengungkapan Perkara mengangkut, menguasai, atau memiliki hasil hutan kayu tanpa surat keterangan yang syah, Rabu (14/2).

Kegiatan ini dipimpin Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso, S.Ik, didampingi Kasubbag Humas Iptu Junaidi dan Kanit Tipiter Ipda Randya SP.

Kapolres menerangkan, penangkapan ini terjadi pada hari Sabtu tanggal 10 Februari 2018 sekitar pukul 01.30 WIB di Simpang PT. BTN Jorong Silawai Timur Nagari Air Bangis Kec. Sungai Beremas Kab. Pasaman Barat

“Berawal dari informasi masyarakat yang mengimformasikan adanya truck sedang memuat kayu olahan dari daerah Pati Bubur”, ujarnya.

Dari informasi tersebut, Kasat Reskrim Polres Pasbar Iptu Chairul Ridha, S.Ik memerintahkan tim opsnal untuk bergerak kelapangan guna melakukan pengecekan dan memastikan Informasinya.

Setibanya di Simpang PT. BTN, anggota opsnal menemukan Truck Cold Diesel yang dikemudikan oleh tersangka inisial “M” sedang mengangkut kayu olahan. Ketika ditanya, pelaku tidak dapat memperlihatkan surat kayu tersebut.

“Kemudian pelaku beserta barang bukti berupa kayu olahan sekitar 5 kubik dalam berbagai ukuran, serta 1 unit truck Cold Diesel sebagai alat angkut diamankan ke Polres Pasaman Barat”, tambah AKBP Iman.

Dari hasil penyidikan, pemilik kayu olahan yang diangkut tersangka tersebut adalah milik pelaku inisial S, yang sampai sekarang masih di buru tim Opsnal Sat Reskrim Polres Pasaman Barat.

Terhadap tersangka saat sekarang dilakukan penahanan di Mapolres Pasaman Barat, dengan persangkaan pasal 83 ayat (1) huruf b Jo pasal 12 huruf e Undang-undang Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun serta pidana denda paling sedikit 500 Juta paling banyak 2,5 Milyar.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *