Polres Payakumbuh Amankan 39 Butir Peluru Aktif

TNS – Seorang petugas Kebersihan di Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh  menemukan puluhan butir peluru yang diperkirakan masih aktif. Selain itu, petugas kebersihan bernama Slamet Susanto (38) juga menemukan sebuah senter warna hitam.

Informasi yang diperoleh, Slamet merupakan petugas kebersihan yang selama ini bertugas mengambil sampah di Kelurahan tersebut. Saat itu Selasa (30/1), sekitar pukul 11.30 WIB Slamet dengan becak motornya berkeliling untuk mengambil sampah, termasuk disepanjang jalan menuju Perumahan Talang.

Usai mengambil sampah di Kelurahan Talang, ia membuang sampah tersebut ke Tempat Pembuangan Sementara / TPS di depan Kantor Agraria/Pertanahan Kota Payakumbuh yang tak jauh dari Kantor Camat Payakumbuh Barat.

Namun saat hendak menurunkan sampah, satu persatu peluru tersebut berjatuhan, kaget dengan hal tersebut, Slamet melaporkan penemuan itu kepada Lurah Gusmardi. Menerima laporan dan melihat puluhan butir peluru yang dibawa Slamet, Gusmardi segera melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian. Hingga tak berselang lama, sejumlah anggota Polisi dari Mapolsekta Payakumbuh datang untuk melihat dan mengamankan peluru itu.

“Jumlah peluru yang diperkirakan masih aktif tersebut mencapai 39 butir. Saat itu, Slamet yang bertugas sebagai petugas kebersihan berniat hendak membuang sampah ke TPS di Tanjuang Pauah, kaget dengan adanya penemuan peluru tersebut, ia segera melapor kepada saya. Termuan tersebut selanjutnya saya laporkan kepada pihak kepolisian”, sebut Lurah Gusmardi.

Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto, S.Ik melalui Kasat Intelkam AKP Tarmizi juga membenarkan bahwa puluhan butir tersebut telah diamankan di bagian Intelkam. Rencananya peluru tersebut akan diserahkan ke Bagian Logistik Polres Payakumbuh untuk dilakukan pemeriksaan.

“Sepertinya peluru tersebut memang aktif. Besok akan kita serahkan ke bagian Logistik. Kita belum bisa menyimpulkan atau memastikan jenis ataupun pabrikan dari peluru tersebut. Kita masih melakukan penyelidikan”, ucapnya.(*).

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *