Polres Pasaman Galakan Program Ta’aruf dan wisata Jumat Berjamaah (Tawajuah)

TNS- Upaya jajaran Polres Pasaman untuk menekan dan meminimalisir kejahatan serta penyakit masyarakat didaerah Pasaman, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin,Sag menciptakan program yang menerapkan beberapa poin penting tentang Kemasyarakatan yang dinilai mampu untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di tengah tengah masyarakat itu, Salah satunya dengan melaksanakan program Ta’aruf dan wisata Jumat Berjamaah (Tawajuah).

Program ini sedang digalakkan oleh jajaran Polres Pasaman baru-baru ini.
Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin kepada TNS mengatakan,  Jum’at (12/1) mengatakan program Tawajuah tersebut merupakan salah satu alternatif untuk meminimalisir berbagai macam bentuk penyakit masyarakat (Pekat).

“Beban dan tanggungjawab kami sebagai Polisi semakin hari sepertinya semakin berat. Karena perilaku masyarakat semakin hari semakin berubah dan berbagai macam modelnya seiring perkembangan teknologi, khususnya penyakit masyarakat (Pekat).

Maka untuk meminimalisir pelaku tersebut di Pasaman, kami mencoba program Ta’aruf dan wisata Jumat Berjamaah (Tawajuah) yang sedang kami galakkan saat ini,” terangnya.
Hasanuddin mengatakan, dalam program Tawajuah ini lebih mengedepankan persuasif dan pembinaan secara langsung kepada masyarakat.

“Ciri khas program Tawajuah ini lebih mengedepankan persuasif dan pembinaan langsung kepada masyarakat. Pertama, tentu menekankan kepada personel agar melaksanakan tugas dengan ikhlas, melayani dan melindungi masyarakat. Sehingga diharapkan tugas menjadi ibadah dan didasari ketaqwaan pada Allah SWT.

Kemudian Dalam menegakkan hukum utamakan profesionalitas, junjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanusiaan,” katanya.

Kata Hasanuddin, dengan turun secara langsung kelapangan serta tausiah dimimbar Masjid, diharapkan bisa merubah sikap masyarakat secara perlahan.

“Turun kelapangan secara langsung, seperti tadi siang di Masjid Taqwa Pandam, Kecamatan Bonjol, Pasaman saya bertindak sebagai khatib sholat Jum’at. disaksikan oleh Muspika Kec. Bonjol, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan para jemaah Sholat Jumat,  Kapolres menyampaikan pesan – pesan Kamtibmas serta meningkatkan hubungan antara Polri dan unsur pemerintahan serta lapisan masyarakat yang ada di Bonjol, tanpa bantuan masyarakat tugas Polri tidak mungkin terlaksana dengan baik, pungkasnya.

Setelah sholat jum’at, kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan dari Polres Pasaman untuk Mesjid Taqwa Pandam berupa 10 Kitab AL – Quran dan 10 helai Sajadah yang langsung secara simbolis diterima pengurus masjid, Pembinaan seperti inilah yang sedang kami gencarkan dari Polres Pasaman. Semoga dengan program ini menjadi salah satu alternatif dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat sesuai Visi Misi Pasaman yang Agamis,” tandasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *