Kapolda Sumbar Pimpin Upacara HUT Brimob di Padang Sarai

TNS – Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum, tadi pagi memimpin langsung upacara dalam rangka memperingati HUT Brimob ke 72 tahun 2017, Selasa (14/11) di halaman Mako Brimob, Padang Sarai Kota Padang.

Dalam upacara tersebut dihadiri oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Bayu Wisnumurti, M.Si, pejabat utama Polda Sumbar, Danrem 032/WBR, Danlantamal II Teluk Bayur Padang, Danlanud Sutan Syahrir, para Kapolres, para sesepuh, Purnawirawan dan Warakawuri Korps Brimob, Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar Ny. Ade Fakhrizal, pengurus Bhayangkari Daerah Sumbar, serta tamu undangan lainnya.

Sedangkan komandan upacara adalah PS. Kaden Gegana Satbrimobda Sumbar Kompol Encep Henry, SH.MH, dengan peserta upacara terdiri dari pasukan TNI AD, AL, AU, pasukan Brimob, Sabhara, Polair, gabungan Reserse Intel, dan pasukan Satpol-PP beserta instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Pol Drs. Fakhrizal membacakan amanat Kapolri, Brimob Polri adalah satuan elite kepolisian yang telah berkontribusi aktif bagi bangsa dan negara Indonesia semenjak masa perjuangan kemerdekaan. Karena itu, keberadaannya tidak akan pernah bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada masa perang mempertahankan kemerdekaan, Satuan Mobile Brigade ikut serta dalam berbagai operasi penumpasan pemberontak dengan berbagai ukiran prestasi yang membanggakan. Sehingga pada 14 Nopember 1961, Presiden RI Ir. Soekarno menganugerahkan penghargaan berupa Nugraha Cakanti Yana Utama, sebagai penghargaan tertinggi pemerintah atas pengabdian Mobile Brigade.

“Penghargaan tersebut sekaligus menjadi sebuah simbol dan komitmen kuat dari Brimob Polri yang di dalamnya
terkandung nilai semangat juang, kesetiaan, dan patriotisme kepada masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia”, ucap Kapolda Sumbar saat membacakan amanat Kapolri.

Patut kita syukuri, dalam berbagai survey yang dilaksanakan, Polri telah mengalami banyak perbaikan dalam hal tingkat kepercayaan masyarakat. Sebelumnya, institusi Polri masuk dalam 3 (tiga) terbawah perihal institusi yang tidak
dipercaya, namun saat ini peringkat Polri telah merangkak jauh dan bahkan telah masuk ke dalam jajaran 4 (empat) teratas.

Citra baik Polri ini diharapkan dapat terus ditingkatkan oleh seluruh personel Kepolisian, khususnya Brimob Polri melalui berbagai perannya dalam mengatasi kejahatan berintensitas tinggi, serta dalam berbagai pelayanan Kepolisian di banyak medan penugasan.

“Hal ini juga sejalan dengan tema peringatan HUT ke-72 Korps Brimob Polri tahun 2017, yakni Dengan Semangat Sinergitas, Korps Brimob Polri Mewujudkan Promoter, Untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat”, tambahnya.

Tema ini mengindikasikan peran penting Brimob melalui berbagai kegiatan dan upayanya dalam mewujudkan Polri yang semakin Profesional, Modern, dan Terpercaya.

Selain itu, Kapolri juga mengharapkan agar Brimob Polri dapat berperan aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam penanganan bencana alam seperti dalam penanganan bencana alam Gunung Sinabung dan Gunung Agung.

Brimob Polri dapat memberikan bantuan evakuasi dalam bentuk kegiatan SAR, maupun untuk hadir memberikan pelayanan keamanan di daerah rawan bencana.

Ke depan ada beberapa agenda nasional maupun internasional yang akan segera kita hadapi, seperti
pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak 2018, IMF-World Bank Annual Meeting 2018, maupun Asian Games 2018.

Agenda tersebut juga memerlukan pelibatan Brimob Polri dalam pengamanannya. Untuk itu, Jenderal Pol Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A, P.hD menekankan kepada satuan Brimob di seluruh Indonesia untuk saling bahu membahu melakukan pengamanan dan saling memback-up antara satu dengan lainnya, sehingga pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Tunjukkan bahwa Brimob Polri adalah satuan yang solid, berintegritas, loyal, dan dapat diandalkan oleh bangsa dan
negara”, kata Kapolda menambahkan.(*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *