Narkoba di Sumbar : Sepekan, Ditnarkoba Polda Sumbar Tangkap 7 Pelaku, 31 Kg Ganja dan Belasan Gram Sabu Disita

TNS – Polda Sumbar kembali mengungkap kasus narkoba diwilayahnya, hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi saat menggelar release tadi siang, Jumat (13/10) di Mapolda Sumbar.

“Jajaran Direktorat Narkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkoba dalam beberapa waktu yang lalu”, ucap Kombes Pol Syamsi dihadapan awak media.

Dalam release tersebut dihadiri oleh Dirnarkoba Kombes Pol Kumbul KS, Wadir Narkoba dan para Kasubdit Ditnarkoba Polda Sumbar.

Selanjutnya Dirnarkoba menyampaikan bahwa dalam penangkapan tersebut, sebanyak 31 Kilogram ganja kering diamankan yang sudah dipaket-paket besar.

“Sebanyak 31 kg ganja diamankan yang berasal dari Provinsi Aceh yang telah diselundupkan oleh tiga orang tersangka yang merupaan dari satu jaringan yang sama”, kata Kombes Pol Kumbul KS.

Penangkapan dilakukan di jalan Padang Sago Kota Pariaman pada Selasa (10/10) lalu, sekitar pukul 23.30 WIB. Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi akhirnya menangkap IS (25).

Kemudian dilakukan penangkapan pelaku kedua yakni NY (21) yang diketahui sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi.

Dari kedua pelaku, petugas menyita barang bukti 11 kg ganja kering dan satu unit mobil Toyota Avanza yang diduga digunakan untuk menyelundupkan ganja dari Provinsi Aceh.

Selanjutnya Ditnarkoba melakukan pengembangan atas kasus tersebut, berdasarkan keterangan kedua pelaku akhirnya kembali menangkap seorang pengedar inisialnya ES (24) di Lubuk Basung Agam. Dari tangan ES, Polisi menyita 21 Kg ganja.

“Dari hasil penangkapan ketiga pelaku, kita amankan sebanyak 31 kg ganja. Menurut pengakuan pelaku, barang-barang ini dikirim langsung dari Aceh dan nantinya akan diedarkan di wilayah Agam, Payakumbuh, Padang dan Tanah Datar”,”/ jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ditnarkoba Polda Sumbar juga merillis penangkapan terhadap pengedar narkotika jenis sabu, di Bengkel GSP Jalan Gajah Mada Kota Padang, pada Kamis (5/10) lalu.

Dua pelaku yakni P (39) yang bekerja sebagai mekanik bengkel dan A (29) wiraswasta. Kedua pelaku ditangkap setelah petugas memperoleh informasi dari masyarakat, yang mana di bengkel tersebut sering terjadi transaksi narkotika jenis sabu.

“Dari penangkapan dua tersangka ini, kemudian dilakukan penangkapan terhadap pelaku M (26) yang juga bekerja sebagai mekanik di bengkel yang sama. Dari ketiganya diamankan delapan paket sabu seberat 6 gram”, tambahnya.

Kombes Pol Kumbul menambahkan, pihaknya juga menangkap G (36) pada Rabu (11/10) di pinggir Jalan Pemuda Padang. Dari G yang bekerja sebagai kuli angkut barang ini, polisi mengamankan 6,7 gram sabu.

“Jadi selama sepekan ini kami telah menangkap tujuh pelaku penyalahgunaan terhadap Nakotika jenis ganja dan sabu,” ujarnya.

Kepada pelaku akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subs Pasal 112 ayat (2) Undang-undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun atau hukuman mati.(*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *