Polres Pasaman Barat Tangkap Pelaku Tambang Sirtukil Illegal

TNS – Polres Pasaman Barat menangkap pelaku penambangan pasir batu kerikil (Sirtukil) diwilayah hukumnya, Senin (11/9) yang lalu.

Ialah RS selaku direktur pemilik sebuah perusahaan CV. F yang bergerak di bidang pertambangan sirtukil. RS ditangkap setelah masyarakat melaporkannya karena melakukan penambangan illegal.

“Karena informasi masyarakat, setelah kita tindaklanjuti pelaku kemudian kita tangkap”, ujar Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso, S.Ik melalui Kasat Reskrim Iptu Chairul Ridha, S.Ik.

Sebelumnya Polres Pasaman Barat membentuk tim dengan BPN Pasaman Barat dan Dinas Kehutanan Pasaman Barat, kemudian tim tersebut melakukan pengecekan titik koordinat lokasi tambang sirtukil di aliran sungai Batang Saman Astra Jorong Kartini Nagari Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh.

Tim yang dipimpin Iptu Chairul Ridha menemukan 1 unit Excavator sedang melakukan penambangan yang dimuat ke mobil Dump Truk di aliran sungai tersebut.

“Saat melakukan penambangan, lokasi tersebut berada di luar titik koordinat yang memiliki izin sehingga pelaku kita tangkap”, jelasnya.

Untuk penyidikan lebih lanjut, pelaku beserta barang bukti berupa 1 unit Excavator dan 1 unit Dump Truk berisikan kerikil diamankan ke Mapolres Pasaman Barat.(*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *