Tim Gabungan Polres Agam Tangkap Penambang Illegal

TNS – Tim gabungan Polres Agam menangkap tiga orang yang diduga melakukan tindak pidana penambangan secara ilegal/penambangan tanpa izin di daerah Sungai Duku Jorong Bamban Nagari IV Koto Kec. Palembayan Kab. Agam, Rabu (10/8).

Ketiga pelaku berinisial A (48), warga Jorong Bamban Nagari IV Palembayan, Kecamatan Palembayan, PI (37) warga Bamban dan F (51) warga Jorong Pasar Palembayan yang merupakan suami dari kepala dinas di salah satu instansi Kabupaten Agam.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi, S.Ik melalui Kasat Reskrim Iptu Muhammad Reza, S.Ik saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut dan mengatakan ketiganya ditangkap sedang melakukan penambangan di sungai Duku Jorong Bamban sore hari.

“Mereka menambang dengan menggunakan mesin dompeng. Tidak ada izin dan melanggar pasal 158 UU nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Minerba”, ujarnya.

Kasat Reskrim menambahkan, F merupakan pemilik dan pengelola mesin dompeng sedangkan A dan TI merupakan pengelola dan pekerja. “Saat ini ketiganya sudah diamankan di Mapolres Agam untuk penyidikan selanjutnya”, pungkasnya.

Penangkapan pelaku berdasarkan informasi dari masyarakat, atas infomasi tersebut, tim gabungan yang terdiri dari Polres Agam dan Sat Pol PP Kab. Agam dibawah pimpinan langsung Kasat Reskrim Iptu Muhammad Reza, Sik dan Kasat Intelkam AKP Malkani, SH, MH melaksanakan penertiban.

Selain mengamankan ketiga pelaku, petugas juga mengamankan alat yang digunakan untuk penanbangan berupa mesin dompeng dan tiga unit mobil Dump truk jenis Colt Diesel yang sedang memuat pasir hasil penambangan.(*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *