Kapolresta Padang Kunjunggi Pospam Lebaran

TNS- Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz meninjau 3 titik lokasi Pos Pengamanan (Pos Pam) dan pos pelayanan Kota Padang, Rabu (21/6). Peninjauan ini dilakukan untuk melihat kesiapan para petugas dalam memberikan rasa aman kepada warga warga yang hendak merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Peninjauan ini dilakukan bersama Walikota Padang Mahyeldi, Dandim 0312/Padang, Kasatpol PP Kota Padang, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Padang.

Pos yang dikunjungi adalah Pos pelayanan depan Transmart Jalan Khatib Sulaiman, Pos Pengamanan Lubukbuaya dan Pos Pengaman Lantai Cimpago. Kunjungan tersebut dimulai sekitar pukul 15.30 sampai 17.30 Wib.

Selain memberikan motivasi kepada seluruh petugas yang berada di Pos Pam dan Pos yan agar tetap bersemangat dalam memberikan pelayanan dan rasa aman bagi masyarakat, Kapolresta dan Walikota Padang dalam peninjauan ini juga memberikan bingkisan lebararan sebagai bentuk apresiasi.

Tercatat ada 11 Pos Pam yang didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Para petugas yang terdiri dari unsur Polresta Padang, Kodim 0312/Padang,  Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, kecamatan, kelurahan serta pramuka ini bertugas memberikan pelayanan dan pengamanan mulai minus 7 sampai plus 7 Lebaran.

“Alhamdulillah dari hasil peninjauan yang baru kita lakukan dari ketiga Pos Pam, seluruh petugas telah siap untuk memberikan pelayanan, terutama rasa aman kepada masyarakat yang ingin merayakan Lebaran. Sudah itu kondisi keamanan yang kita pantau di wilayah ketiga Pos Pam cukup baik dan kondusif,” kata Walikota Padang Mahyeldi.

Meski demikin Mahyeldi menjelaskan meningatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga penuh untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindakan kriminal, salah satunya dengan tidak menggunakan perhiasan-perhiasan yang mencolok di tempat-tempat umum maupun pusat perbelanjaan sehingga mengundang orang lain melakukan tindak kejahatan.

Untuk menjaga Kota Padang tetap aman dan kondusif sebelum maupun pasca Lebaran, Chairul Aziz berharap dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat dan unsur Forum Koordiansi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Padang. “Insya Allah dengan sinergitas yang kita bangun ini, Kota Padang yang kita cintai ini tetap aman dan kondusif,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan, pihaknya menurunkan dua pertiga dari kekuatan yang ada untuk mengamankan masyarakat yang hendak merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Untuk Polresta Padang  sendiri, menurutnya telah mengerahkan sekitar 800 Personil.

Selanjutnya, personel tersebut diback-up jajaran Polda Sumbar dengan menggelar Operasi Ramadniya. 2017 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438H.

Untuk mendukung pengamanan, Kapolresta mengungkapkan pihaknya telah mendirikan 11 Pos Pam dan 1 Pos Pelayanan. “Disamping itu seluruh institusi kepolisian terus menggelar tindakan preventif dengan melakukan door to door melalui Satuan Binmas kepada warga di lingkungan. Kemudian tindakan preventif dengan melakukan patrol-patroli besar yang dilakukan Satuan Shabara dan Satlantas, serta melakukan tindakan reprensif dengan menurunkan Tim Khusus dari Reserse dan Intel Polresta Padang,” jelasnya(*) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *