Amankan Lebaran, Polres Pariaman Turunkan 300 Personil

Tribratanews.sumbar.polri.go.id_ Sebahyak 300 orang personil Polres Pariaman bergeser ke Pos Pengaman Pos Pelayanan Operasi Ramadniya pengamanan lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah/2017, Senin (19/7) pagi kemarin.

Selain personil Polres Pariaman, instansi samping seperti Satpol PP Kota Pariaman, Kodim 0308/Pariaman, Dishub Kota Pariaman dan Damkar-BPBD Kota Pariaman ikut dilibatkan untuk mendukung operasi kemanusian itu.

Kapolres Pariaman, AKBP Bagus Suropratomo Oktoberianto mengatakan  “sebanyak 300 personil akan langsung melakukan aktivitas pelayanan dan pengamanan di dua pos pengamanan dan dua pos pelayanan yang telah didirikan. Dua pos pengamanan tersebar di Pantai Gondariah Pariaman, Pantai Arta Sungai Limau. Sedangkan pos pelayanan ditempatkan di Pasar Pariaman dan Pasar Sungai Limau”.

“Usai apel, personil langsung mengisi 4 pos yang ditetapkan melakukan pengamanan dan pelayanan. Kita langsung lakukan pelayanan optimal,” ujarnya.

Dikatakannya, selain kerawanan berupa kecelakaan lalulintas, libur Idul Fitri dan operasi Ramadniya sering terjadi terjadinya kejahatan jalanan. Dia memprediksi, ramainya masyarakat yang memadati kawasan wisata di Kota Pariaman akan dimanfaatkan pelaku kejatahan menjalankan aksinya.

“Kita sudah antisipasi segala kemungkinan terjadinya kerawanan kriminalitas, kita juga siapkan petugas patroli dan tim gerak cepat pada titik yang kita anggap rawan terjadinya kriminalitas,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, mantan Kapolres 50 Kota itu meminta masyarakat untuk mengutaman keselamatan dan kewaspadaan selama melakukan mudik dan libuan di Kota Pariaman.

“Mudik tetap harus memperhatikan keselamatan jiwa, selain itu kewaspadaan perlu ditingkatkan agar terhindar dari kemungkinan menjadi korban kejahatan,” sebutnya.

Selain mengantisipasi kemungkinan terjadinya kejahatan jalanan, pihaknya tetap mewaspadai kemungkinan adanya aktivitas penyalahgunaan dan peredaran narkoba selama lebaran.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Kapolres Pariaman mengucapkan selamat betugas kepada personil dalam mengamankan arus mudik dan balik nantinya, jaga kesehatan dan juga keselamatan diri.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *