Kapolres Agam Himbau Masyarakat Cegah Timbulnya Akar Radikalisme

Tribratanews.sumbar.polri.go.id – Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi, S.Ik yang didampingi oleh Kapolsek Palembayan Iptu Joni Alwis dan KBO Sat Binmas Iptu Akhirudin serta Bhabinkamtibmas, melaksanakan Safari Ramadhan di Mesjid Raya Jorong Tantaman Nagari III Koto Palembayan, Sabtu (17/6) malam.

Rangkaian safari Ramadan dengan buka puasa bersama, salat berjamaah, disusul ceramah dan memberikan pesan-pesan Kamtibmas dari Kapolres Agam.

Kegiatan safari ramadhan ini sebagai media sosialisasi tentang isu sentral yang tengah berkembang saat ini seperti bahaya radikalisme dan intolerensi antar umat beragama, serta mengingatkan pentingnya menjaga keberagaman prinsip-prinsip kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Ferry Suwandi memaparkan dan memberikan gambaran terkait bahaya terorisme dan radikalisme yang sekarang sudah mulai muncul ke permukaan.

“Kami mengimbau warga untuk turut serta mencegah timbulnya akar-akar Radikalisme, apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melapor ke pihak kepolisian. Jangan berikan tempat untuk kelompok teroris berakar di Negara kita. Untuk itu, mari kita jaga persatuan NKRI tercinta ini, jangan sampai disusupi oleh kelompok-kelompok teroris,” sambungnya.

Dihadapan warga yang hadir, Kapolres Agam menyampaikan pesan-pesan​ kamtibmas.  Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat meningkatkan keimanan dibulan suci Ramadhan dengan melakukan berbagai kegiatan yang bernilai ibadah, salah satunya ikut menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Selain sebagai agenda religi juga merupakan sarana monitoring atau memantau kegiatan warga masyarakat khususnya yang beragama muslim dalam pelaksanaan ibadah puasa 1438 Hijriyah dan sebagai wadah untuk bersilaturahmi dan meningkatkan kebersamaan antar kepolisian bersama komponen masyarakat.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan safari Ramadan ini, diharapkan semua pihak menjalin kerjasama antara Polri dan masyarakat, serta dapat menjaga situasi kamtibmas di Wilkum Polres Agam tetap kondusif,” kata Kapolres.

Kegiatan safari Ramadan ini mendapat respons positif dari masyarakat. Diakhir rangkaian kegiatan safari Ramadan ini, Kapolres juga menyempatkan untuk memberikan santunan berupa bingkisan kepada anak-anak yatim piatu.(*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *