Kapolres Kep. Mentawai Pimpin Safari Ramadhan ke Mesjid M, Bakri di Ponpes Hidayatullah

Tribratanews.sumbar.polri.go.id _Dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi terutama pada saat bulan yang penuh berkah ini, Kapolres Kepulauan Mentawai Akbp Hasanuddin, S.Ag dan jajarannya melaksanakan Safari Ramadhan ke mesjid M. Bakri yang berada di komplek Pondok Pesantren Hidayatullah Dusun Karya Bakti Desa Sipora Jaya Kec. Sipora Utara Kab. Kep. Mentawai.

Dalam kesempatan itu, Kapolres setempat memberikan ceramah agama dan dilanjutkan Shalat Tarawih berjamaah. “Dalam ceramahnya Kapolres Kep. Mentawai menjelaskan tentang Pancasila Merupakan Dasar Negara Yang Sesuai Dengan Ajaran Islam”.

“Kapolres Kep. Mentawai selaku pemberi ceramah menyampaikan, hari ini kita memperingati hari lahirnya Pancasila dan inti dari Pancasila tersebut sebenarnya sesuai dengan ajaran Islam”.

Sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa dan Islam agama Tauhid sesuai dengan Firman Allah Surat Al Ikhlas. Sila Kedua terkait kemanusiaan sesuai dengan Surat An Nisa ayat 135. Sila ketiga terkait persatuan dan jelas dan pasti islam cinta damai dan persatuan, hal ini banyak terdapat dalam ajaran Islam sepertiĀ  surat Al Hujurat ayat 13 dll. Sila ke 4 sesuai dengan surat A Suro ayat 38 dan sila ke 5 tentang keadilan sesuai dengan firman Allah dalam surat An Nahal ayat 90 dan banyak lagi ajaran Islam terkait Pancasila.

Islam adalah agama toleran sehingga tidak ada alasan ummat islam untuk tidak toleransi dengan agama lain dan suku lain. Mari kita tingkatkan kembali rasa persaudaraan, persatuan, kebhinekatunggal ikaan serta saling menjaga kerukunan beragama. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *