Polres Agam Turunkan 168 Personil untuk Amankan Tradisi Mandi Balimau

TNS_Tradisi Balimau Kegiatan Masyarakat Menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 2017, Polres Agam Turunkan 168 Personil untuk Amankan Kegiatan Masyarakat.

Kepolisian Resor Agam mengerahkan 168 personel untuk mengamankan tradisi “Balimau” atau tradisi mandi menggunakan jeruk nipis sebelum masuk bulan Ramadhan yang berkembang di kalangan masyarakat, Jumat (26/5).

Kapolres Agam Akbp Ferry Suwandi, Sik Memimpin Apel kesiap Siagaan Pengamanan berharap Pelaksaaan Acara Balimau oleh Masyarakat kita berjalan aman dan lancar berkat kehadiran Pihak Kepolisian ( Polres Agam ) dan mereka dapat kembali pulang ke rumah masing – masing dalam keadaan selamat.
Sebanyak 5 lokasi yang dijadikan lokasi ‘balimau’yang dilakukan pengamanan oleh Personil Polres Agam dan Polsek Jajaran antara lain : Hulu Banda, Danau Maninjau, Pantai Bandar Gadang, Pantai TPI Tiku dan Kolam Renang Parit Panjang, pengamanan bertujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di lokasi itu. Selain itu untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas karena pada umumnya warga menggunakan Kedaraan ke lokasi pemandian.
Balimau adalah tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau dan biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian dalam rangka membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan Ramadhan.
Personil yang telah ditugaskan melakukan patroli setiap saat di sejumlah tempat pemandian dalam meminimalisir gangguan keamanan baik datang dari dalam maupun luar dan mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, Petugas juga memberikan himbauan kepada warga yang akan ‘balimau’ hendaknya tetap waspada, khusus kepada orang tua diminta menjaga anak-anaknya dari berbagai ancaman, Selama Pelaksanaan tradisi Balimau oleh masyarakat di wilkum Polres Agam berjalan dalam keadaan aman dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *