Biddokes Polda Sumbar Gelar Penyuluhan Pengendalian Wabah Tanpa Vaksin tentang Penyakit Gagal Ginjal dan Monkey Pox
Biddokes Polda Sumbar Gelar Penyuluhan Pengendalian Wabah Tanpa Vaksin tentang Penyakit Gagal Ginjal dan Monkey Pox

TBNews Sumbar -- Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda Sumbar menggelar penyuluhan pengendalian wabah tanpa vaksin tentang penyakit gagal ginjal dan monkey pox, yang diikuti oleh perwakilan personel satker dijajaran Polda Sumbar serta perwakilan Bhayangkari, pada Selasa (22/10) di lantai empat Mapolda Sumbar.

 

Dalam penyampaiannya, dr. Yostila Derosa, Sp. PD, Mpox mengatakan monkey pox merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus dan penularannya dari binatang ke manusia, yaitu monyet, tupai, dan hewan lainnya.

 

Selain itu katanya, penyakit ini bisa juga dari manusia ke manusia. Bisa melalui udara, droplet, hubungan seksual, bahkan tersentuhnya cairan lesi.

 

Ia menambahkan, untuk gejalanya yaitu demam, timbul ruam berair berwarna keruh, nyeri dan gatal pada lesi, dan pembesaran kelenjer getah bening. Ruam bisa tumbuh di telapak tangan dan kaki.

 

"Untuk pencegahan hindari kontak langsung dengan penderita, menjaga daya tahan tubuh. Dan untuk Pengobatan secara simptomatis atau sesuai gejala dan mengkonsumsi anti virus serta isolasi mandiri agar tidak menular ke orang lain," ujarnya.

 

Sementara itu, dr. Harnavi Harun, Sp. PD, KGH, FINASIM mengatakan gagal ginjal merupakan suatu penyakit dimana terganggunya fungsi ginja. Fungsi utama dari ginjal menyaring darah didalam tubuh dan dikeluarkan melalui urine.

 

"Gagal ginjal sering terjadi akibat penyakit diabetes, hipertensi, dan gaya hidup yang tidak sehat," jelasnya.

 

dr. Harnavi menambahkan, Gagal ginjal sering kali tidak mempunyai gejala kecuali sudah dalam kondisi yang berat. Sehingga pasien sering datang dalam kondisi yang berat.

 

Untuk pencegahan, lanjut harnavi menjelaskan, Jika menderita penyakit diabetes, dan hipertensi harus mengkonsumsi obat secara rutin dan memperbaiki pola hidup yang sehat yang diantaranya mulai dari olahraga rutin, mengkonsumsi makanan sehat, menghindari cepat saji yang tinggi lemak dan tinggi gula serta Minum air putih 1,5 Liter - 2 Liter sehari.

 

Diakhir penyuluhannya, dr. Harnavi mengatakan, Jagalah Kesehatan mu mulai dari saat ini, karena Kesehatan mu 5-10 tahun kedepan adalah cerminan dari kebiasaan mu saat ini.(*)