Kapolres Dharmasraya Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2024
Kapolres Dharmasraya Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2024

TBNews Sumbar  -- Dharmasraya. Kapolres Dharmasraya, AKBP Bagus Ikhwan, S.I.K, M.H., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2024 di Lapangan Apel mapolres Dharmasraya pada Senin, (14/10/2024), pukul 08.00 WIB. Operasi ini bertema "Cipkon Kamseltibcarlantas Jelang Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Tahun 2024".

Apel tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, di antaranya Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E, M.A.P.,, Dandim 0310 SSD yang diwakili oleh Danramil Pulau Punjung Mayor Czi. Sarinto, Kajari Dharmasraya Dodik Hermawan, S.H, M.H., Ketua Pengadilan Agama Kab. Dharmasraya Iqbal Kadafi, S.H, M.H., serta perwakilan dari instansi terkait seperti TNI, Brimob, dan OPD Dharmasraya.

Setelah laporan Komandan Apel dan pemeriksaan pasukan, dilanjutkan pemasangan pita tanda Operasi Zebra Singgalang 2024 sebagai simbol dimulainya operasi. Acara juga diisi dengan pembacaan Ikrar Deklarasi Aksi Keselamatan Jalan.

Dalam amanatnya, AKBP Bagus Ikhwan menyampaikan bahwa Operasi Zebra Singgalang 2024 bertujuan untuk menciptakan dan memelihara ketertiban serta keselamatan lalu lintas, terutama menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada tahun 2024. Selain itu, operasi ini juga ditujukan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas.

Operasi Zebra Singgalang akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024, di seluruh wilayah hukum Polda Sumatera Barat. Fokus operasi ini mencakup tujuh prioritas pelanggaran, yaitu penggunaan telepon seluler saat berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm, penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi, melawan arus, serta pengemudi yang tidak memakai sabuk pengaman atau mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan.

Operasi ini diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan menciptakan situasi yang lebih aman di jalan raya.(HMS)